Wawali Surabaya Beberkan Prioritas RAPBD 2020

Ada juga anggaran untuk S2

Surabaya, IDN Times - Wakil Wali (Wawali) Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana membeberkan prioritas Rancangan-APBD 2020. Ia menyebut anggaran pendidikan masih yang paling besar dibandingkan dengan anggaran lainnya.

Whisnu mengatakan, besarnya anggaran pendidikan ini diprioritaskan untuk peningkatan kualitas anak di Surabaya. Ia tengah menyiapkan beasiswa kuliah bukan hanya sarjana s1. Melainkan juga sampai magister alias s2.

"Kalau pendidikan kan kita tambah masalah beasiswa itu sampai kuliah dan S2. Jadi selain kita gratis sampai SMP juga SMA yang tidak mampu itu, kita biayai lewat by name by address siswa," ujarnya saat di Taman Bungkul Surabaya, Sabtu (9/11).

1. Ada beasiswa khusus S1 kedokteran

Wawali Surabaya Beberkan Prioritas RAPBD 2020Wawali Surabaua, Whisnu Sakti Buana. IDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Politisi PDIP ini juga menerangkan beasiswa s1 kedokteran akan diberikan kuota khusus. Akan tetapi jumlahnya masih digodok pemkot.

"Untuk beasiswa s1 kedokteran khusus sendiri. Jatahnya akan kita tambah yang s1 lain di luar kedokteran sama s2 juga akan kita berikan beasiswa," kata Whisnu.

2. Anggaran pendidikan capai 20 persen

Wawali Surabaya Beberkan Prioritas RAPBD 2020Wawali Surabaya, Whisnu Sakti Buana. IDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Terpisah, anggota DPRD Surabaya, Syaifuddin Zuhri membeberkan, terkait anggaran terbesar dalam R-APBD 2020 disalurkan ke pendidikan. Ia menyebut besarannya memcapai 20 persen.

"Kemudian kesehatan 10 persen. Juga untuk pembangunan infrastruktur,” kata pria yang akrab disapa Ipuk ini.

3. Rencana disahkan besok

Wawali Surabaya Beberkan Prioritas RAPBD 2020Ketua DPRD Surabaya, Adi Sutarwijono. IDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Sementara Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono mengatakan, rencana pengesahan RAPBD 2020 dilakukan besok (10/11). Hal itu berdasar Rapat Badan Musyawarah, yang dua kali menyepakati pengesahan tepat Hari Pahlawan.

Menurut politisi PDI Perjuangan itu, Badan Musyawarah berisi seluruh Ketua Fraksi. Rencananya, Rapat Paripurna DPRD Kota Surabaya digelar setelah upacara memperingati Hari Pahlawan di Balai Kota.

“Spesial Hari Pahlawan, hari itu para anggota DPRD dan semua pejabat Pemkot akan mengenakan baju pejuang. Jika tidak ada aral-melintang, Walikota Bu Risma akan hadir di Rapat Paripurna DPRD Surabaya,” pungkasnya.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya