Waspada Cacar Monyet, Pengawasan di Bandara Juanda Diperketat

Pengamanan serupa juga sudah dilakukan di bandara Soetta

Surabaya, IDN Times - Baru-baru ini masyarakat digegerkan dengan virus cacar monyet di Singapura. Karena berbatasan, beberapa akses masuk ke Indonesia diperketat seperti halnya di Bandara Juanda.

1. Lakukan pengawasan hingga pasang alat pendeteksi

Waspada Cacar Monyet, Pengawasan di Bandara Juanda DiperketatIDN Times/Vanny El Rahman

 

Pengawasan lebih ketat itu dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur (Jatim). Pihaknya tidak ingin penularan virus ini bisa merambah ke Jatim. Maka dari itu, disiapkan thermascanner untuk mendeteksi dini suhu tubuh.

"Mereka yang baru datang dari luar negeri di Bandara Juanda kami periksa. Kantor kesehatan pelabuhan juga sudah lakukan upaya itu," ujar Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur Kohar Hari Santoso, Kamis (16/5).

2. Tiga alat pendeteksi sudah dipasang di bandara

Waspada Cacar Monyet, Pengawasan di Bandara Juanda DiperketatIDN Times/Reza Iqbal

 

Saat ini, Kohar memastikan ada tiga alat thermascanner yang telah dipasang di Bandara Juanda. Tiga alat itu, dirasa cukup oleh Pemprov Jatim.

"Semuanya itu disiagakan di kedatangan luar negeri di Bandara Juanda," tambahnya.

Baca Juga: 8 Fakta Penyakit Cacar Monyet yang Sudah Masuk ke Singapura

3. Belum ada warga Jatim yang terkena virus cacar monyet

Waspada Cacar Monyet, Pengawasan di Bandara Juanda Diperketatthestar.com.my

 

Hingga saat ini, Kohar memastikan belum ada warga Jawa Timur yang terpapar cacar monyet. "Tapi memang harus diantisipasi dengan upaya teman di kantor kesehatan pelabuhan (KKP) diperbatasan negara itu kami tingkatkan," ungkapnya.

4. Deteksi dini dan ruang isolasi itu juga dipasang di Bandara Soeta

Waspada Cacar Monyet, Pengawasan di Bandara Juanda DiperketatANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

 

Sebelumnya, tak hanya di Bandara Juanda, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta, Anas Ma'ruf, menjelaskan salah satu usaha untuk mencegah penyebaran virus cacar monyet, adalah dengan meningkatkan pemindaian suhu tubuh melalui alat Thermal Scanner.

Tak hanya penumpang, pemindaian suhu tubuh tersebut juga dilakukan kepada para kru. pihak KKP Kelas I Soekarno-Hatta pun telah menyediakan ruang perawatan khusus atau ruang isolasi saat ini. Ruang tersebut akan digunakan apabila terlanjur ditemukan penumpang yang terjangkit cacar monyet di bandara.

Baca Juga: Cegah Sebaran Virus Cacar Monyet, Pengawasan Bandara Soetta Diperketat

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You