Warna-warni UTBK Unesa 2021, Peserta Kesurupan Hingga Tidur Pulas

Hahaha ada-ada ae cakkk

Surabaya, IDN Times - Beberapa kejadian unik terjadi dalam pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 di Universitas Negeri Surabaya (Unesa). UTBK SBMPTN sendiri terbagi dua gelombang. Yakni 14-18 April dan 26 April-2 Mei 2021.

Lantas apa saja kejadian unik selama UTBK SBMPTN di Unesa?

1. Ada satu peserta perempuan kesurupan

Warna-warni UTBK Unesa 2021, Peserta Kesurupan Hingga Tidur PulasIDN Times/ Irfan Faturrohman

Ketua Satuan Admisi UTBK Unesa, Dr. Sukarmin membeberkan, ada kejadian satu peserta perempuan asal Gresik kesurupan saat ujian. Peserta tersebut tiba-tiba berteriak dan tidak sadarkan diri. Mengetahui hal itu, panitia langsung menolongnya dan membawa ke rumah sakit terdekat.

"Awalnya sumuk, merasa panas pakai kais tangan. Saya takut menyampaikan ke pengawas dan tiba-tiba saja saya tidak sadarkan diri. Sebelumnya saya pernah mengalami hal yang sama, sekali saat ada kegiatan di sekolah,” ungkap Sukarmin menirukan pengakuan peserta itu.

2. Satu peserta tidur pulas sampai ujian selesai

Warna-warni UTBK Unesa 2021, Peserta Kesurupan Hingga Tidur PulasIlustrasi pegawai kantoran lelah bekerja (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Masih UTBK gelombang kedua, Sukarmin mengungkapkan ada satu peserta tertidur pulas saat mengerjakan ujian. Ada beberapa dugaan penyebab peserta itu tidur pulas. Antara lain, kurang tidur, terlalu deg-degan, atau karena kelelahan ditambah puasa.

“Sesuai prosedur, jika ditemukan peserta yang tertidur, pengawas memperingatkan agar peserta bisa kembali mengikuti ujian, karena waktu ujian terus berjalan,” kata dia.

3. Peserta salah lokasi ujian, harusnya ke Unesa malah ke Uinsa

Warna-warni UTBK Unesa 2021, Peserta Kesurupan Hingga Tidur PulasUnesa.ac.id

Kejadian lucu lainnya pada UTBK SBMPTN Unesa, lanjut Sukarmin, adanya peserta salah lokasi ujian saat gelombang pertama. Harusnya ujian di Unesa Lidah Wetan justru si peserta menuju ke Uinsa (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya).

“Karena salah lokasi dia terlambat lebih dari waktu dispensasi yang ditentukan pusat, karena itu ya terpaksa tidak bisa ikut ujian,” ungkap dosen FMIPA Unesa itu.

Baca Juga: Cerita Nabila dan Cahya, Usai Kecelakaan Tetap Tes UTBK

4. Tidak hadir ujian tanpa keterangan

Warna-warni UTBK Unesa 2021, Peserta Kesurupan Hingga Tidur PulasIlustrasi pendaftaran UTBK PTN (IDN Times/Dokumen Pribadi)

Lebih lanjut, jumlah keseluruhan peserta UTBK Unesa 2021 yakni sebanyak 15.175 orang. Total yang hadir yakni sebanyak 14.441 atau sekitar 95,2 persen. Sementara yang tidak hadir sebanyak 734 atau sekitar 4,8 persen. Yang tidak hadir itu semuanya tanpa keterangan.

Dari warna-warni UTBK 2021 tersebut tentu harus menjadi perhatian bersama, terutama untuk para siswa atau peserta pada pelaksanaan UTBK berikutnya.  “Paling penting, persiapkan diri jauh-jauh hari, baik fisik maupun psikis. Kalau persiapan sudah matang, tentu saat ujiannya pun bisa lancar,” pesan Sukarmin.

Baca Juga: 27 Ribu Peserta UTBK Se-Indonesia Dipastikan Gagal

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya