Viral Puting Beliung Belalai Gajah di Atas Perairan Kenjeran

Terjadi selama 45 menit

Surabaya, IDN Times - Angin puting beliung terekam dalam video amatir yang beredar di media sosial, Rabu (17/2/2021). Ternyata, video tersebut diambil di kawasan Kenjeran, Surabaya. Angin yang membentuk pusaran itu menjulang tinggi dan berputar-putar di perairan pantai.

1. BMKG sebut fenomena belalai gajah

Viral Puting Beliung Belalai Gajah di Atas Perairan KenjeranFenomena belalai gajah di perairan Pantai Kenjeran. Dok. Istiemewa

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim di Tanjung Perak, Surabaya membenarkan telah terjadi fenomena angin sekitar pukul 15.10 WIB. Fenomena itu disebut belalai gajah atau waterspout.

"Berupa kolom pusaran air yang tertarik maduk ke dasar awan. Sama seperti puting beliung talu di atas permukaan air," ujar Kepala BMKG Tanjung Perak, Taufik Hermawan.

Baca Juga: Enam Truk Dilalap Api di Kenjeran

2. Disebabkan awan cumulomnibus, berlangsung singkat

Viral Puting Beliung Belalai Gajah di Atas Perairan KenjeranFenomena belalai gajah di atas perairan Pantai Kenjeran. Dok. Istimewa

Meski masih dalam analisa, penyebab munculnya belalai gajah adalah  awan cumulomnibus. Fenomena ini hanya berlangsung lama. Terbukti, di perairan Pantai Kenjeran hanya sekitar 45 menit saja.

"Kejadiannya bersifat lokal dan dalam waktu yang relatif singkat" kata Taufik.

3. Tak sampai ke pemukiman warga

Viral Puting Beliung Belalai Gajah di Atas Perairan KenjeranIlustarsi Puting Beliung (IDN Times/Mardya Shakti)

Terpisah, Camat Bulak, Budi Hermanto membeberkan kalau belalai gajah sudah hilang sekitar pukul 15.55 WIB. Pusaran angin yang sempat mengegerkan warga setempat dipastikannya tak sampai menerjang pemukiman.

"Tidak sampai sampai ke darat," tegasnya.

Baca Juga: Masyarakat Mulai Bersih-bersih Usai Bencana Angin Puting Beliung 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya