Via Vallen Janji Penuhi Panggilan Polda Jatim 20 Desember Mendatang

Vianisty harap bersabar, cuma diperiksa sebagai saksi kok

Surabaya, IDN Times - Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) memastikan akan memeriksa Via Vallen terkait kasus Derma Skin Care (DSC) Beauty yang merupakan kosmetik ilegal. Pelantun lagu "Meraih Bintang" ini pun sudah memberikan konfirmasi untuk datang sesegera mungkin. "Yang konfirmasi hadir satunya (Via Vallen) tanggal 20 Desember 2018," ujar Kasubdit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter), AKBP Rofiq Ripto Himawan di Mapolda Jatim, Selasa (18/12).

1. Jatuh tempo pemanggilan artis endorse belum terlewati

Via Vallen Janji Penuhi Panggilan Polda Jatim 20 Desember MendatangIDN Times/Ardiansyah Fajar

Rofiq mengatakan, baik Nella Kharisma maupun Via Vallen belum melanggar apapun. Keduanya sudah menyanggupi pemanggilan pertama. "Baru pemanggilan pertama, tanggal jatuh tempo pemanggilannya belum," kata pria dengan dua melati emas ini.

Baca Juga: Ada Kosmetik Ilegal yang Endorse Nella dan Via, BBPOM: Cek Produknya

2. Polda layangkan surat ke dua artis lainnya

Via Vallen Janji Penuhi Panggilan Polda Jatim 20 Desember MendatangIDN Times/Ardiansyah Fajar

Untuk artis lainnya, Polda Jatim baru akan melayangkan surat pemanggilan kepada yang bersangkutan. Pemanggilan tersebut sama dengan Nella. Yakni sebagai saksi. "Yang dua surat panggilan belum. Sementara masih 4 (artis)," kata Rofiq.

3. Penyidikan artis penting

Via Vallen Janji Penuhi Panggilan Polda Jatim 20 Desember Mendatanginstagram.com/viavallen

Rofiq juga menegaskan, proses penyidikan terhadap artis-artis itu penting untuk mengungkap peredaran kosmetik ilegal. Pasalnya proses produksi dan kontrak dari pihak manajemen apakah sudah dilakukan secara legal formal atau tidak.

"Tapi kalau dari keterangan dan hasil pembukuan belum ada sampai mengarah ke situ. Tapi tidak logis juga kalau misalnya dia jual serum pemutih kemudian ada alat suntik alat infus terus orang beli terus disuntikin sendiri juga tidak mungkin. Ini masih pengembangan," ucap Rofiq.

4. Pengembangan masih terus dilakukan

Via Vallen Janji Penuhi Panggilan Polda Jatim 20 Desember MendatangIDN Times/Ardiansyah Fajar

Mengenai kandungan merkuri yang ada di produk kosmetik DSC, Rofiq memaparkan ada bahan yang sebenarnya boleh digunakan tapi harus dengan resep dokter dan ada bahan yang posisinya dilarang untuk digunakan karena paparan merkuri.

Dua hal itulah yang menjadi salah satu bagian penting yang fokus dikembangkan. Hasil keterangan dari ahli Dinas Kesehatan dan BBPOM itu termasuk penyebab Utama kanker kulit. "Sebagian sudah ditarik salah satu produk ini. Ada 60 produk lain juga yang ditarik kalau nyebarnya bukan karena Kota besar tapi sudah lain juga Kalimantan, Sulawesi dan Bali," ungkapnya.

5. Ada 6 wanita yang di-endorse SSC Beauty

Via Vallen Janji Penuhi Panggilan Polda Jatim 20 Desember MendatangIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sebelumnya, Polda Jatim membongkar bisnis kosmetik palsu di Kediri. Nah, saat dilakukan penyidikan, ternyata produsen kosmetik ilegal ini menggunakan jasa artis untuk mempromosikan produknya. Setidaknya, ada enam artis yang menjadi endorse produk kosmetik ilegal ini. Diantara, VV, NR, MP, NK, DJB dan DK. Sebagian dari artis yang menjadi endorse ini adalah artis dangdut. Yakni Via Vallen dan Nella Kharisma.

Baca Juga: Diperiksa 6 Jam Lebih, Nella Kharisma Dicecar 30 Pertanyaan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya