Vaksinasi Mulai 14 Januari, Surabaya Raya Jadi Prioritas 

Tegaskan vaksin halal dan aman

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa menyambut positif Vaksin COVID-19 buatan perusahaan Tiongkok, Sinovac mendapatkan izin penggunaan darurat dari BPOM. Pihaknya pun segera tancap gas vaksinasi mulai 14 Januari 2021.

"Prioritas tahap pertama sesuai surat dari Kementerian Kesehatan adalah Surabaya, Sidoarjo dan Gresik," ujar Khofifah, Selasa (12/1/2021).

1. Pejabat Pemprov siap divaksin pada 14 Januari

Vaksinasi Mulai 14 Januari, Surabaya Raya Jadi Prioritas IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Khofifah menyampaikan, pejabat Pemprov Jatim bersama dengan para dokter, tokoh agama, dan civitas akademika akan memberikan keteladanan langsung pada masyarakat dengan menjadi individu yang mendapatkan vaksinasi pertama pada 14 Januari mendatang.

Rencananya, vaksinasi tersebut akan dilaksanakan di RSUD dr. Soetomo. Pemberian contoh keteladanan ini harapannya menjadi bukti nyata bahwa vaksin ini aman, efektif dan halal sehingga kekebalan komunitas terhadap COVID-19 ini dapat tercapai.

"Jadi jangan ragu untuk imunisasi vaksin COVID-19, karena ini aman dan halal," tegasnya.

2. Ingatkan 3 M sembari menunggu vaksinasi

Vaksinasi Mulai 14 Januari, Surabaya Raya Jadi Prioritas IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sembari menunggu vaksin tersebar luas di seluruh penjuru Jawa Timur, masyarakat Jawa Timur harus terus menerapkan protokol Kesehatan dengan baik. Kombinasi vaksinasi dengan 3M akan menjadi proteksi berlapis-lapis untuk mencegah infeksi COVID-19 maupun gejala berat yang dapat ditimbulkannya.

"Dukungan semua pihak sangat dibutuhkan, dalam menekan jumlah kasus pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19. Termasuk juga untuk meminimalisir kematian yang disebabkan COVID-19. Kerjasama ini  diperlukan agar kita bisa segera mengakhiri pandemik," kata Khofifah.

3. Ada 77 ribu vaksin di Dinkes Jatim

Vaksinasi Mulai 14 Januari, Surabaya Raya Jadi Prioritas Ilustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Seperti diketahui, saat ini di Gudang penyimpanan vaksin di Dinas Kesehatan Jatim terdapat 77.760 dosis vaksin. Vaksin tersebut akan digunakan untuk vaksinasi tahap pertama di bulan Januari untuk Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan yang menangani pasien COVID-19.

Baca Juga: Anies: Selama Belum Ada Vaksin COVID-19, Vaksin Kita Adalah Masker

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya