Vaksin Merah Putih Masuk Tahap Uji Klinis di RSUD dr. Soetomo

Jika sudah oke, Khofifah mau terima booster pertama

Surabaya, IDN Times - Vaksin Merah Putih telah mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Rencananya, vaksin inovasi Universitas Airlangga (Unair) ini akan memasuki uji klinis tahap pertama pada 9 Februari 2022.

1. Dilakukan uji klinis di RSUD dr. Soetomo melibatkan 90 relawan

Vaksin Merah Putih Masuk Tahap Uji Klinis di RSUD dr. SoetomoPetugas kesehatan menunjukan vaksin saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Nah, uji klinis akan dilaksanakan dengan cara menyuntikkan vaksin kepada 90 relawan berusia minimal 18 tahun di RSUD dr. Soetomo Surabaya yang belum mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dosis satu dan dua.
Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa ingin uji klinis ini lancar.

"Semoga semua berjalan lancar, tidak ada kendala berarti dalam pengembangan vaksin karya anak bangsa ini," ujar perempuan yang juga Ketua Ikatan Alumni Airlangga (IKA) Unair ini, Senin (31/1/2021).

Baca Juga: Jika Sudah Siap, Vaksin Merah Putih akan Jadi Booster

2. Berharap vaksin Merah Putih segera dipakai booster

Vaksin Merah Putih Masuk Tahap Uji Klinis di RSUD dr. SoetomoMasyarakat mulai mendapatkan vaksinasi booster (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Vaksin merah putih, sambung Khofifah, diharapkan dapat membantu penanganan pandemik COVID-19 di Indonesia, khususnya Jatim. Sebab, berdasarkan update situasi dari WHO, ditemukan bahwa Peningkatan jumlah kasus terinfeksi COVID-19 yang disebabkan varian Omicron sudah mencapai lebih dari 80 persen.

Varian omicron juga menunjukkan sekitar lima kali lebih tinggi risiko terinfeksi kembali jika dibandingkan dengan varian Delta. Pemberian vaksin booster di negara-negara maju terbukti efektif mengurangi angka rawat inap di rumah sakit sebesar 89 persen.

"Oleh karena itu, kami sangat berharap Vaksin Merah Putih ini bisa menjadi kandidat booster vaksinasi di Indonesia," kata Khofifah.

3. Khofifah siap jadi yang pertama untuk dapat booster Merah Putih

Vaksin Merah Putih Masuk Tahap Uji Klinis di RSUD dr. Soetomo(Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa ketika bersaksi) ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Mantan Menteri Sosial ini siap mendukung percepatan uji klinis Vaksin Merah Putih mulai dari tahap pertama hingga tahap ketiga. Bahkan dirinya mengaku siap menjadi orang pertama yang mendapat suntikan booster Vaksin Merah jika diizinkan. 

"Kami semua bangga dengan Unair yang punya komitmen kuat  memberikan persembahan terbaik bagi negeri ini apalagi dapat memberikan perlindungan dan keselamatan kepada seluruh masyarakat Indonesia," pujinya.

Sesuai informasi, saat ini kelengkapan Vaksin Merah Putih dan administrasi sudah dipenuhi. Bahkan, seluruh tim sudah menemui pabrik untuk membuat obat yang baik atau Cara Pembuatan Obat Baik (CPOB).

Baca Juga: Vaksin Merah Putih Unair akan Diuji Coba untuk Anak-anak 5-11 Tahun

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya