Usia 59, Unggun Jadi Wisudawan Tertua ITS

Ingat, usia hanyalah age!

Surabaya, IDN Times - Usia tampaknya hanya sekadar angka bagi Unggun Dhana. Terbukti, Unggun tetap bisa merampungkan studi program magister (S2) Departemen Teknik Sistem Perkapalan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada usia 59 tahun 3 bulan. Ia pun diwisuda pada Sabtu (9/10/2021).

1. Umur tak membatasi untuk belajar

Usia 59, Unggun Jadi Wisudawan Tertua ITSWisudawan S2 ITS berusia 59 tahun, Unggun Dhana. Dok. Humas ITS.

Motivasi Unggun dalam melanjutkan studinya bermula dari masa studi S1-nya yang mengambil jurusan Teknik Persisteman Kapal di ITS pada tahun 1985. Di samping itu, banyak para senior dan juniornya yang menjadi dosen di ITS. Ketertarikannya dalam dunia kelautan membuatnya memilih S2 di Teknik Sistem Perkapalan ITS.

Jurusan ini juga sejalur dengan pekerjaan yang diampu olehnya di bidang migas dalam inspeksi dan sertifikasi migas. Meski telah berusia 59 tahun, namun Unggun masih bersemangat dalam menuntut ilmu karena menurutnya belajar harus dilanjutkan secara terus menurus. "Umur tidak membatasi untuk belajar,” ujarnya, Minggu (10/10/2021).

2. Lulus dengan predikat sangat memuaskan

Usia 59, Unggun Jadi Wisudawan Tertua ITS

Tak hanya sekadar lulus, Unggun mencatatkan predikat yang sangat memusaskan. IPK Unggun 3,72. Padahal, selama proses menempuh pendidikan ia sempat menemui kendala. Hal ini dikarenakan dalam bidang pekerjaannya jarang menggunakan kaidah-kaidah dalam penulisan ilmiah.

“Dikarenakan saya praktisi, di pekerjaan jarang menulis dengan kaidah ilmiah," jelasnya. Sehingga ia harus lebih belajar dan menyesuaikan diri dengan sistem penulisan ilmiah.

Dalam membagi waktu antara perkuliahan dan pekerjaan, Unggun yang mengikuti prosesi wisuda secara daring ini, mengaku tidak mengalami kesulitan. Perkuliahan dilaksanakan lima kali dalam seminggu dan masing-masing hanya berdurasi 2-3 jam, baginya lebih mudah mengatur waktu.

Baca Juga: Diva, Gadis Asal Malang yang Raih Gelar Doktor ITS di Usia 24 Tahun

3. Hasilkan tesis untuk bantu pengawasan di pelabuhan

Usia 59, Unggun Jadi Wisudawan Tertua ITSWisudawan S2 ITS berusia 59 tahun, Unggun Dhana. Dok. Humas ITS.

Unggun juga membuahkan sebuah tesis dengan judul Penggunaan Drone untuk Pengawasan Operasi Maritim dan Menganalisa Kesenjangan Antara Tujuan Regulasi Sistem Identifikasi Otomatis dengan Kinerjanya. Tesis ini bertujuan untuk pengawasan laut menggunakan sistem drone.

Menurutnya, kelengkapan guna sistem identifikasi Automatic System Identification (AIS) di pelabuhan masih kurang. Karena masih banyaknya kapal yang tidak terbaca oleh radar. Ia berharap, tesisnya bermanfaat bagi keselamatan dalam berbagai bidang.

Ia memaparkan ketika menciptakan teknologi harusnya memperhatikan aspek-aspek keselamatan. Dikarenakan terbukti terdapat pelarangan untuk beberapa teknologi. “Harapan saya agar mengedepankan aspek keselamatan dan lingkungan dalam mengembangkan teknologi," ungkapnya.

Baca Juga: Tim Robotika ITS Sabet 8 Penghargaan di Kontes Robot Indonesia

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya