Umrah Akan Dibuka Pertengahan Maret, 12 Ribu Jemaah Jatim Bersiap

Semoga tidak ada penutupan lagi, ya

Surabaya, IDN Times - Ketua Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia (Amphuri) Jawa Timur (Jatim), Moch Sofwan Arif menyampaikan kalau pintu umrah untuk jemaah Indonesia mulai disediakan oleh Pemerintah Arab Saudi pada bulan depan.

"InsyaAllah pertengahan Maret, mudah mudahan sudah dibuka kembali," ujarnya, Rabu (24/2/2021).

1. Ada 12 ribu jemaah yang menunggu untuk umrah

Umrah Akan Dibuka Pertengahan Maret, 12 Ribu Jemaah Jatim BersiapJemaah Umrah yang kembali melaksanakan Umrah Perdana di Makkah dalam Pandemik COVID-19. Dok. KJRI Jeddah/Fauzy Chusny

Sofwan membeberkan sudah ada sebanyak 12 ribu calon jemaah umroh asal Jatim yang menunggu kabar baik ini. Keberangkatan mereka memang harus tertunda selama setahun terakhir lantaran pandemik COVID-19 melanda.

"12 ribu itu yang berlangsung hampir satu tahun," kata dia.

2. Antusiasme umrah warga Jatim sangat tinggi

Umrah Akan Dibuka Pertengahan Maret, 12 Ribu Jemaah Jatim BersiapJemaah Umrah yang kembali melaksanakan Umrah Perdana di Makkah dalam Pandemik COVID-19 (Dok. KJRI Jeddah/Fauzy Chusny)

Jemaah umrah asal Jatim, lanjut Sofwan, diakuinya memang sangat tinggi. Di saat normal, yang daftar dalam sebulan saja mencapai 17 ribu lebih. Amphuri merujuk data dari  Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Jatim.

"Data dari Kemenag itu kurang lebih 17 ribu, per bulan," imbuh dia.

Baca Juga: 76 Calon Jemaah Umrah RI Batal Terbang ke Saudi Hari Ini, Kenapa?

3. Jemaah asal Surabaya gembira dengan kabar umrah dibuka Maret

Umrah Akan Dibuka Pertengahan Maret, 12 Ribu Jemaah Jatim BersiapJemaah umrah di Masjidil Haram, Makkah. IDN Times/Mela Hapsari

Kabar dibukanya pintu umrah disambut gembira oleh calon jemaah asal Surabaya, Rahardi Soekarno Junianto. Intinya, kata dia, jemaah akan patuh pada keputusan pemerintah. Bahkan, jika memang masih belum memungkinkan untuk dibuka, ia pun mengaku tak mempermasalahkannya.

"Alhamdulillah, kalau pertengahan Maret sudah dibuka. Semoga pandemik segera berakhir, dan ibadah umrah kembali normal Aamiin," ungkap pria yang akrab disapa Antok ini.

Baca Juga: Arab Saudi Larang Warga dari 20 Negara, Jemaah Umrah Gagal Berangkat

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya