Tut-tut-tut, KA Mutiara Timur Surabaya Sudah Sampai Yogyakarta Guys!

Mantaps, murah tiketnya! Yuk, pulang ke kotamu...

Surabaya, IDN Times - Yogyakarta menjadi salah satu tujuan favorit bagi wisatawan. Hal itu yang dilakukan PT KAI Daop 8 Surabaya untuk memanjakan mereka dengan menyediakan kereta api (KA) Mutiara Timur dengan jurusan Yogyakarta-Surabaya Gubeng-Ketapang PP. Sebelumnya, kereta tersebut melayani penumpang Surabaya Gubeng-Ketapang PP.

“Perpanjangan operasi KA Mutiara Timur ini guna memenuhi transportasi masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan virus corona yang ketat,” ujar Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Minggu (7/3/2021).

1. Kapasitasnya 308 penumpang

Tut-tut-tut, KA Mutiara Timur Surabaya Sudah Sampai Yogyakarta Guys!Penumpang KA harus memberi jarak minimal satu meter dengan penumpang lain. Dok. IDN Times/bt

KA tersebut terdiri dari 4 gerbong kereta eksekuktif dan 3 gerbong kereta ekonomi. Total kapasitasnya mencapai 308 penumpang sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19.

Calon penumpang diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau rapid test antigen atau swab test PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan.

Khusus libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya maksimal 1x24 jam sebelum waktu keberangkatan.

"Bagi pelaku perjalanan di bawah lima tahun tidak diwajibkan untuk tes RT-PCR atau rapid test antigen atau GeNose C19 test sebagai syarat perjalanan," ucap Luqman.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Nasi Krawu di Surabaya, Bikin Kenyang Seharian

2. Catat jadwal KA Mutiara Timur

Tut-tut-tut, KA Mutiara Timur Surabaya Sudah Sampai Yogyakarta Guys!ANTARA FOTO/Galih Pradipta

KA Mutiara Timur relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng-Ketapang tiba di Surabaya Gubeng pukul 00.53 WIB, berangkat kembali pukul 01.20 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pukul 07.30 WIB.

Untuk relasi Ketapang-Surabaya Gubeng-Yogyakarta tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pukul 23.43 WIB.

"Berangkat kembali pukul 00.10 WIB dan tiba di Stasiun Yogyakarta pukul 05.35 WIB," kata Luqman.

3. Tiket bisa dibeli di KAI Access

Tut-tut-tut, KA Mutiara Timur Surabaya Sudah Sampai Yogyakarta Guys!ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Bagi penumpang yang ingin ke Yogyakarta dengan KA Mutiara Timur sudah dapat memesan tiket untuk keberangkatan bulan Maret 2021 melalui aplikasi KAI Access, laman kai.id, dan channel pembelian online lainnya.

Untuk tes GeNose bisa di Stasiun Gubeng langsung. Harganya cuma Rp20 ribu saja.

"Selain itu, KAI Daop 8 juga menyediakan layanan rapid test antigen dengan biaya Rp105 ribu. Jadi bisa memilih ingin menggunakan layanan rapid test antigen atau GeNose C19 untuk melengkapi persyaratan surat bebas COVID-19,” pungkas Luqman.

Baca Juga: 7 Tempat Makan Tahu Telur di Surabaya yang Paling Terkenal dan Enak

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya