Toleransi dan Pluralisme Jadi Pesan Khusus Waisak 2023

Diversity is beautiful

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, menitipkan pesan khusus untuk umat Budha yang merayakan Hari Waisak pada Minggu (4/6/2023). Pesan itu berisi tentang toleransi dan pluralisme.

"Harapan kita, khususnya di Bumi Majapahit ini yang mengajarkan harmonious partnership antara umat beragama dibangun dengan sangat baik, kebhinekaan juga dibangun dengan sangat baik,” ujar Khofifah.

Ketua Umum PP Muslimat NU ini menambahkan, momentum Waisak dapat dijadikan pijakan untuk membangun kembali nilai luhur persaudaraan kebangsaan. Karena pijakan itu sebenarnya sudah tertulis dalam kitab yang pernah ada di bumi nusantara.

"Tentunya bersama-sama menjaga sesanti yang ditulis dalam Kitab Sutasoma, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Nilai luhur ini harus terus dikuatkan untuk kedamaian dan harmoni di tengah-tengah masyarakat," kata dia.

Tak lupa, mantan Menteri Sosial ini mengingatkan, momentum menjaga keharmonisan dapat diwujudkan dengan tindakan saling menghormati. Kemudian juga saling membantu, utamanya memperkuat solidaritas sosial yang kuat.

"Saya mengingatkan kepada kita semua, agar momen Waisak ini juga sebagai pengingat untuk menyebarkan kabaikan, kedamaian, ketenteraman. Apalagi hubungan harmoni antara manusia dengan Tuhan,  manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungan sekitarnya," pesannya.

"Karena sebetulnya perbedaan itu akan menjadi bagian dari diri kita untuk selalu mencoba memberikan yang terbaik serta beradaptasi, itulah serangkaian Bhineka Tunggal Ika, tentang mengemas perbedaan menjadi satu rangkaian," imbuhnya.

Oleh karena itu, dirinya juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama mempererat semangat gotong royong untuk menebarkan kebahagiaan. "Selamat Hari Raya Waisak semoga berjalan dengan khidmat dan dipenuhi dengan kebahagiaan dan kedamaian,” ucapnya.

Baca Juga: Patung Buddha 12,3 Meter di Tunjungan Plaza Cetak Rekor MURI

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya