Tolak Tuduhan Mesum, Dua Mahasiswa Unitomo Gelar Aksi Buta

Pihak rektorat mengaku akan mendalaminya

Surabaya, IDN Times - Dua mahasiswa Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) melakukan aksi "Buta" di halaman kampus, Jumat (6/9). Aksi ini dilakukan mahasiswa semester 5 jurusan Ilmu Komunikasi Ahmad Mukti (24), dan mahasiswi semester 3 jurusan hukum, Elle Noor Aziza (22). Keduanya menolak tuduhan mesum dari Wakil Rektor (Warek) IV Unitomo, Meitiana Indra Sari Yunus.

Dengan memakai setelan kemeja putih dan celana hitam, kedua mahasiswa duduk di kursi dengan mata ditutup kain hitam. Di belakang mereka ada background bertulis "Saksikan Layar Tancap 2 Mahasiswa Diduga Mesum". Di depannya ada keranda bertulis "Matinya Rasa Malu".

 

1. Bermula saat Ahmad dan Elle ketiduran di UKM Fotografi Unitomo

Tolak Tuduhan Mesum, Dua Mahasiswa Unitomo Gelar Aksi ButaIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Ahmad mengatakan, tuduhan ini bermula dari rekaman video Meitiana saat melakukan sidak di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unitomo sekitar dua minggu lalu. Kala itu, kedua mahasiswa ini merupakan panitia PKKMB yang sedang menyiapkan kegiatan ospek.

Keduanya pun merasa lelah dan sempat ketiduran di UKM Fotografi Unitomo (Ciphoc). "Beliau masuk ke dalam dan tanpa izin merekam dan tanpa izin mengambil video kita. Kita waktu itu kondisinya tertidur. Kita enggak ngapa-ngapain di dalam," ujar Ahmad.

2. Videonya tidak terklarifikasi dan jadi buah bibir

Tolak Tuduhan Mesum, Dua Mahasiswa Unitomo Gelar Aksi ButaIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Merasa ada seseorang yang masuk, Ahmad dan Elle pun terbangun. Kedua mahasiswa ini mencoba berikan klarifikasi ke Meitiana kalau tidak melakukan perbuatan asusila tapi tak diindahkan.

"Jadi kita tidak lakukan apa-apa. Saya posisinya itu waktu itu tertidur menyamping dan si wanita tersebut bersandar di kaki saya. Saya tidak melakukan apapun," jelas Ahmad.

Klarifikasi yang gagal itu pun membuat kecewa Ahmad dan Elle. Video yang direkam Meitiana disebut Ahmad telah menjadi buah bibir di lingkungan kampus.

"Elle ini mendengar si ibu (Meitiana) memanggil Bapak Slamet selaku Warek II dengan berkata Pak ini saya dapat videonya (Ahmad dan Elle)," kata Ahmad.

3. Minta Meitiana klarifikasi dan minta maaf secara terbuka

Tolak Tuduhan Mesum, Dua Mahasiswa Unitomo Gelar Aksi ButaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Atas dasar itulah, kedua mahasiswa ini mendesak Meitiana minta maaf sekaligus lakukan klarifikasi secara terbuka terkait video yang beredar. Dia merasa dirugikan dengan video yang direkam oleh Meitiana.

"Sementara, tuntutan kita agar Bu Meri melakukan klarifikasi juga meminta maaf pihak terkait. (Kalau tidak diakomodir) kita ada langkah selanjutnya. Yang lebih dari ini, intinya gitu aja," ungkap Ahmad.

Baca Juga: Polisi Bongkar Warung Nasi di Pamekasan yang Disewakan untuk Mesum

4. Rektorat segera lakukan rapat pekan depan

Tolak Tuduhan Mesum, Dua Mahasiswa Unitomo Gelar Aksi ButaIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Sementara itu Warek III, Suyanto mengatakan belum mengetahui konten yang dimaksud oleh dua mahasiswa tersebut. Dia mengaku belum melihat videonya secara langsung. Akan tetapi dia tidak menampik adanya pembahasan soal dua mahasiswa diduga mesum di UKM Fotografi.

Suyanto menyampaikan, jajaran rektorat segera menggelar rapat terkait video tersebut. Pihaknya akan melakukan klarifikasi setelah rapat. "Substansinya belum tahu. Nanti pertemuan dulu biar tahu duduk permasalahannya," katanya.

Baca Juga: Selingkuh dan Bikin Video Mesum, Dua Kadinas Ini Jadi Tersangka

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya