Tol Surabaya-Gempol yang Longsor Dipasang Bronjong, Pekan Depan Tuntas

Khofifah tinjau lokasi tol di KM 06+200

Surabaya, IDN Times - Ruas jalan Tol Surabaya-Gempol KM 06+200 Jalur A mulai diperbaiki oleh PT Jasamarga. Saat ini pengerjaan di lokasi memasuki tahapan pemasangan bronjong sepanjang 15 meter. Tujuannya untuk memperkuat kaki timbunan tanah.

1. Lakukan kanalisasi lajur selama 24 jam

Tol Surabaya-Gempol yang Longsor Dipasang Bronjong, Pekan Depan TuntasLongsor yang terjadi di Tol Surabaya-Gempol. Dok Jasa Marga

Setelah pemasangan bronjong, akan dilakukan tahapan pembentukan timbunan lereng dan rekondisi perkerasan jalan. Selama pelaksanaan pekerjaan, kendaraan bus dan truk diarahkan ke lajur paling kanan, sedangkan kendaraan kecil di lajur sebelah kirinya.

"Untuk membantu pemilahan kendaraan, selama 24 jam petugas melakukan kanalisasi dan pemilahan di sekitar 800 meter sebelum lokasi longsoran," ujar GM Representative Office 3 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, Hendri Taufik dalam keterangan pers, Minggu (31/1/2021).

2. Diupayakan segera dibuka normal

Tol Surabaya-Gempol yang Longsor Dipasang Bronjong, Pekan Depan TuntasIlustrasi Infrastruktur (Jalan Tol) (IDN Times/Arief Rahmat)

Hendri mengatakan, kalau pihaknya terus mengejar penyelesaian penanganan sesuai dengan target. Diupayakan, tiga lajur dapat dibuka normal kembali pekan depan.

"Target ini tentu saja diharapkan dapat tercapai dengan harapan kondisi cuaca juga mendukung proses penyelesaian pekerjaan," jelasnya.

Baca Juga: Dugaan Awal Longsor Ruas Tol Surabaya-Gempol karena Faktor Drainase

3. Pengerjaan dipantau langsung oleh Khofifah-Emil

Tol Surabaya-Gempol yang Longsor Dipasang Bronjong, Pekan Depan TuntasGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau lokasi tol Surabaya-Gempol yang longsor. IDN Times/Dok. Istimewa

Longsornya ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol ini juga menjadi atensi khusus Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim). Setelah Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak meninjau lokasi kemarin Sabtu (30/1/2021), giliran Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa yang melihat penanganan tol pada Minggu pagi.

"Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melakukan kunjungan ke lokasi longsoran pada hari ini (Minggu), pukul 10.00 WIB," kata Hendri.

Sekadar diketahu, terjadi penurunan tanah yang menyebabkan longsor di pada bahu luar dan lajur lambat (L1) di KM 06+200 jalur A (segmen Dupak-Waru) Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol pada Senin (25/1/2021). Dugaannya disebabkan oleh intensitas curah hujan yang tinggi, sehingga menimbulkan jenuh air di bawah timbunan pada bahu luar dan lajur 1 lalu terjadi longsor susulan pada lokasi yang ditangani pada Selasa (26/1/2021).

Baca Juga: Sempat Longsor, Jalan Tol Surabaya-Gempol Sudah Bisa Dilalui

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya