Timses Yakin Tokoh-tokoh Ini Akan Solid Dukung Jokowi-Ma'ruf di Jatim

Khofifah dukung Jokowi lewat JKSN

Surabaya, IDN Times - Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur, Machfud Arifin, optimis saat akhir masa jabatannya, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, akan menentukan sikap politiknya saat Pemiliah Presiden (Pilpres) 2019. 

Machfud yakin jika Soekarwo dan Saifullah akan merapat kepada paslon nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin. 

Baca Juga: TKD Sebut Pembebasan Abu Bakar Ba'asyir Tak Pengaruhi Suara di Bali

1. Khofifah dukung Jokowi lewat JKSN

Timses Yakin Tokoh-tokoh Ini Akan Solid Dukung Jokowi-Ma'ruf di JatimDok. IDN Times/Istimewa

Macfud menjelaskan, dia yakin Soekarwo dan Gus Ipul, panggilan akrab Saifullah, akan mengikuti jejak Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak untuk mendukung Jokowi. Khofifah sendiri telah pasti mendukung Jokowi-Ma'ruf melalui Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN).

"Pasti, Khofifah dengan JKSN (Jaringan Kiai Santri Nasional) dukung Pak Jokowi," ujarnya kepada IDN Times, Senin (28/1).

2. Posko JoWo, sinyal Karwo dukung Jokowi

Timses Yakin Tokoh-tokoh Ini Akan Solid Dukung Jokowi-Ma'ruf di JatimDok. IDN Times/ Istimewa

Menurut Machfud, sinyal Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, mendukung Jokowi sudah tampak dengan adanya relawan JoWo (Jokowi-Karwo) yang berposko di Jalan Jawa, Surabaya. Adanya relawan JoWo, membuatnya yakin jika Soekarwo mendukung Jokowi, meski Soekarwo merupakan kader Demokrat, di mana saat ini Demokrat mendukung pasangan Prabowo-Sandiaga Uno. 

"Itu gak usah diragukan lagi, nanti diyakinkan lagi, saya akan bersilahturahmi (ke Pakde Karwo)," katanya.

3. Gus Ipul mulai tunjukkan sikap dukungan

Timses Yakin Tokoh-tokoh Ini Akan Solid Dukung Jokowi-Ma'ruf di JatimIDN Times/Ardiansyah Fajar

Selain itu, Machfud melihat jika Gus Ipul sudah menunjukkan tanda-tanda untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin. Apalagi, dia mendapat informasi dari Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, baru-baru ini Gus Ipul hadir saat perayaan ulang tahun Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta. 

"Ya kalau Gus Ipul itu kan jelas, lihat saja majunya sebagai Cagub didukung oleh siapa (partainya). Harus sama-sama jaga Indonesia, caranya ya tinggal menangkan Jokowi-Ma'ruf, itu aja," tegas Machfud.

4. Timses akan terus sampaikan visi misi dan kinerja Jokowi

Timses Yakin Tokoh-tokoh Ini Akan Solid Dukung Jokowi-Ma'ruf di JatimIDN Times/Ardiansyah Fajar

Meski yakin mendapat dukungan Soekarwo dan Gus Ipul, Machfud ogah terlena. Menurutnya, modal suara dari kedua tokoh itu bukan jaminan bisa memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin saat Pilpres 2019. 

"Tidak bisa berpedoman itu, suara milik rakyat. Rakyat harus disapa lagi. Harus diberi pemahaman visi misi dan kinerja Jokowi. Bu Khofifah dan Emil tetap dukung Jokowi, Pakde Karwo dan Gus Ipul juga sama. Kami harap semua orang berpikir waras dukung Jokowi," pungkasnya.

Baca Juga: Gelar Rakor Perdana, TKD Jatim Jokowi-Ma'ruf Bocorkan Strategi

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya