Tidak Semua Tempat Wisata di Surabaya Buka pada Libur Nataru 

Liburannya di rumah masing-masing aja gimana?

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya rupanya belum membuka secara menyeluruh tempat-tempat wisata. Hal ini sehubung dengan masih tingginya kasus COVID-19. Terlebih, Kota Pahlawan dalam peta risiko masih berstatus zona oranye, artinya dengan tingkat risiko sedang penyebaran virus corona.

1. Yang buka wajib patuhi Perwali 33

Tidak Semua Tempat Wisata di Surabaya Buka pada Libur Nataru Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Kota Surabaya, Antiek Sugiharti. IDN Times/Fitria Madia

Masih belum meratanya operasional tempat-tempat wisata di Surabaya dibenarkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Surabaya, Antiek Sugiharti. Untuk tempat wisata yang telah buka, maka diwajibkan mematuhi peraturan yang berlaku.

"Sesuai ketentuan dalam Perwali 28 Tahun 2020 dan diubah dengan Perwali 33 Tahun 2020. Sejak pandemik belum semua tempat wisata buka, yang sudah buka tetap harus mengikuti ketentuan," tegasnya saat dikonfirmasi, Sabtu (26/12/2020).

2. KBS sudah dibuka dengan prokes ketat

Tidak Semua Tempat Wisata di Surabaya Buka pada Libur Nataru Kondisi KBS selama long weekend, Oktober 2020. Dok. Humas KBS.

Ketentuan yang dimaksud Antiek ialah dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19. Seperti halnya pembatasan jumlah wisatawan, wajib menyediakan fasilitas cuci tangan di sudut-sudut destinasi, pengecekan suhu badan, wajib memakai masker, menjaga jarak aman dan tidak berkerumun. Salah satu yang menerapkan ialah Kebun Binatang Surabaya (KBS).

"Pada libur Nataru ini, kami membuka tiga pintu masuk. Yakni pintu masuk utama depan, pintu masuk dekat parkiran dan pintu masuk belakang dekat Terminal Joyoboyo," kata Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS, Agus Supangkat.

Baca Juga: Libur Nataru, Jumlah Wisatawan di Kabupaten Madiun Dibatasi

3. Pengunjungnya saat Natal capai 2.412 wisatawan

Tidak Semua Tempat Wisata di Surabaya Buka pada Libur Nataru Kondisi KBS selama long weekend, Oktober 2020. Dok. Humas KBS.

Dibukanya tiga akses pintu masuk itu untuk meminimalisir penumpukkan antrean wisatawan. Pihaknya mengakui bahwa ada peningkatan jumlah pengunjung jika memasuki musim liburan. Data KBS menyebutkan bahwa pada libur Natal, Jumat (25/12/2020) ada sebanyak 2.412 pengunjung.

"Kita (tiketnya) pakai online, masyarakat bisa membeli sebelum kunjungan. Bisa diakses www.surabayazoo.go.id," pungkasnya.

Baca Juga: Long Weekend, Pengunjung KBS Bisa Capai 3000 Orang Per Hari

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya