Tiba di Tanah Air, 7 Jemaah Haji Jatim Positif COVID-19

Semoga lekas sembuh

Surabaya, IDN Times - Jemaah haji Jawa Timur (Jatim) mulai berdatangan pulang ke Tanah Air melalui Bandara Juanda, Sidoarjo pada Minggu (17/7/2022). Mereka yang pulang, wajib menjalani skrining untuk antisipasi COVID-19. Nah, dari pemeriksaan yang dilakukan ada tujuh jemaah positif COVID-19.

1. Ada 2 jemaah positif di kloter 1

Tiba di Tanah Air, 7 Jemaah Haji Jatim Positif COVID-19Jemaah haji asal Jatim kloter 1 dan 2 yang pulang dilakukan skrining. Dok. PPIH Debarkasi Surabaya.

Berdasarkan data yang dihimpun IDN Times dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya, dari 450 jemaah haji kloter 1 yang pulang, ada dua orang yang positif swab antigen. Kedua jemaah asal Tuban ini pun lanjut tes swab PCR. Hasilnya tetap menunjukkan positif COVID-19.

Karena kondisinya yang tidak bergejala, maka keduanya dipersilakan untuk menjalani isolasi mandiri di Tuban. Jemaah tersebut pun pulang dengan kendaraan yang disediakan oleh BPBD. Kemudian akan dipantau secara ketat oleh petugas daerah dalam hal ini dinas kesehatan dan puskesmas. "Selanjutnya akan ditangani petugas daerah," ujar Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya, Abdul Haris.

Selain terkonfirmasi positif, pada  kloter pertama ini terdapat satu orang yang masih dirawat di Rumah Sakit Haji Surabaya dan memerlukan obeservasi lebih lanjut, sehingga tidak dapat kembali ke daerah bersama dengan rombongannya.

Baca Juga: Dijadwalkan Balik Besok, Semua Jemaah Haji Jatim Harus Tes COVID-19

2. Ada 5 jemaah positif di kloter 2

Tiba di Tanah Air, 7 Jemaah Haji Jatim Positif COVID-19Jemaah haji asal Jatim kloter 1 dan 2 yang pulang dilakukan skrining. Dok. PPIH Debarkasi Surabaya.

Lebih lanjut, pada kloter dua juga terdapat sebanyak 450 jemaah. Terdiri dari 259 dari Bojonegoro, 146 dari Tuban, dua dari Lamongan dan 39 dari Surabaya. Setelah dilakukan pemeriksaan di Asrama Haji Surabaya ada sembilan jemaah yang terindikasi positif sehingga dilakukan tes PCR. Dari PCR tersebut diketahui ada lima positif dan empat negatif COVID-19.

"Seluruh jemaah terkonfirmasi positif telah kembali ke daerah dengan penanganan tersendiri yang selanjutnya akan ditangani Dinas Kesehatan setempat," kata Haris.

3. Total ada 16.968 jemaah haji Jatim yang pulang mulai 17 Juli - 13 Agustus 2022

Tiba di Tanah Air, 7 Jemaah Haji Jatim Positif COVID-19Jemaah haji asal Jatim kloter 1 dan 2 yang pulang dilakukan skrining. Dok. PPIH Debarkasi Surabaya.

Haris menegaskan bahwa semua jemaah yang pulang akan diperiksa sesuai protokol COVID-19. PPIH Debarkasi Surabaya sendiri telah menggandeng Satgas COVID-19 Jatim, BPBD Jatim, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya, Kodam dan Dinkes Jatim.

Sebagai informasi, total jumlah jamaah haji 1443 H/2022 Debarkasi Surabaya yang akan tiba di Bandara Juanda berjumlah 16.968 jamaah haji termasuk petugas PPIH. Jadwal kepulangan para jamaah haji Debarkasi Surabaya tersebut akan dimulai pada 17 Juli 2022 sampai dengan 13 Agustus 2022.

Baca Juga: Satu Lagi Jemaah Haji Asal Lamongan Meninggal di Makkah

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya