Tarif Jasa RPH Surabaya Bakal Naik, Draft Usulan Dikaji Pemkot

Berapa ya besarannya?

Surabaya, IDN Times - Jasa potong hewan di Rumah Potong Hewan (RPH) Surabaya akan mengalami kenaikan. Namun, tarif kenaikan itu masih usulan. Nah, usulan tarif jasa potong sapi semula Rp50.000 menjadi Rp 110.000 ribu. Babi dari Rp65.000 menjadi Rp 125.000. Kambing Rp7.500 menjadi Rp25.000.

Direktur Utama PD RPH Surabaya, Fajar Arifianto Isnugroho, usai rapat dengar pendapat dengan Komisi B DPRD Surabaya mengatakan, pihaknya terus menjalin komunikasi dengan mitra jagal, terkait dengan besaran nilai penyesuaian tarif jasa potong hewan tersebut.

"Pasca disepakati di Komisi B tanggal 23 November kemarin, kita langsung bergerak cepat menemui komunitas-komunitas jagal mitra kami," ujarnya, Kamis (8/12/2022).

"Prinsipnya komunikasi dan sosialisasi kita lakukan, dengan harapan ketemu, antara kepentingan dan kemampuan para jagal membayar jasa potong dan RPH tidak sampai rugi," imbuh dia.

Dari intensitas komunikasi tersebut, kata Fajar, mengarah pada satu nilai yang sama. Yaitu Rp100.000. "Jagal minta Rp100.000. Kami memahami dan kami juga memberikan catatan, bahwa kami memperbaiki fasilitasnya dahulu," kata dia.

"Karena apalah gunanya saya memaksakan nilai besaran potong kalau kemudian mereka tidak mau potong. Sebaiknya tetap menjaga jumlah potongan dengan angka yang mereka bisa membayar," dia menambahkan

Ketika sudah disepakati nilai penyesuaian tarif jasa potong dari hasil komunikasi dengan mitra jagal, maka diteruskan ke wali kota, untuk persetujuan. "Pak wali berpesan hati-hati jangan sampai ada keresahan baru. Pak wali juga menginginkan ada nilai batas atas penyesuaian tarif," beber Fajar.

"Draft kita tetap seperti yang disepakati dengan DPRD yaitu Rp110 ribu per sapi. Kita minta jagal memahami bahwa RPH ini juga butuh pendapatan," ujarnya. Kiniz draft usulan sudah berada di bagian hukum Pemkot Surabaya.

Baca Juga: Emil Pastikan Penyembelihan Hewan Kurban di RPH Aman dari PMK

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya