Tahapan Pemilu 2024 Dimulai, KPU Jatim Sediakan Helpdesk

Buat apa sih?

Surabaya, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka tahapan Pemilu 2024 pada Senin (1/8/2022). KPU Jawa Timur (Jatim) pun ikut menyediakan layanan bantuan alias helpdesk untuk seluruh partai politik (Parpol) calon peserta Pemilu tahun 2024.

1. Helpdesk disediakan sejak pendaftaran, verifikasi hingga penetapan

Tahapan Pemilu 2024 Dimulai, KPU Jatim Sediakan HelpdeskIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Jatim, Insan Qoriawan mengatakan, helpdesk ini secara khusus difungsikan dalam rangka melayani partai politik Peserta Pemilu 2024 pada proses pendaftaran dan verifikasi. Hingga penetapan partai politik menjadi peserta pemilu.

“Helpdesk ini dapat dimanfaatkan parpol untuk konsultasi seputar pendaftaran dan verifikasi,” ujarnya kepada awak media.

2. Layani parpol yang terkendala Sipol

Tahapan Pemilu 2024 Dimulai, KPU Jatim Sediakan HelpdeskIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Helpdesk, sambung Insan, juga melayani parpol yang mengalami kendala pada Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Helpdesk dibuka selama tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta Pemilu 2024 berlangsung.

Sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Anggota DPR dan DPRD, rangkaian tahapan dimulai sejak 1 Agustus - 14 Desember 2022. “Helpdesk akan dibuka setiap hari Senin sampai dengan Minggu pada pukul 08.00-17.00 waktu setempat,” kata dia.

Baca Juga: Alasan KPU Jatim Ajukan Anggaran Pilkada 2024 Sebesar Rp1,9 T 

3. Parpol bisa konsultasi luring maupun daring

Tahapan Pemilu 2024 Dimulai, KPU Jatim Sediakan HelpdeskIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Para parpol calon peserta Pemilu 2024 dapat datang secara langsung ke Kantor KPU Jatim bila ingin konsultasi langsung. Selain dapat melakukan konsultasi secara langsung, KPU Jatim juga membuka layanan konsultasi secara online.

“Helpdesk kita juga tersedia melalui email, WhatsApp grup yang telah dibuat Tim helpdesk dengan LO partai politik tingkat Jawa Timur, kami juga melayani lewat pertemuan online yang telah dijadwalkan sebelumnya,” terang Insan.  

“KPU Jawa Timur juga telah menginstruksikan ke 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur untuk membentuk helpdesk pendaftaran dan verifikasi parpol dalam rangka melayani partai politik calon peserta pemilu selama tahapan ini berlangsung,” pungkasnya.

Baca Juga: Calon Komisioner KPU Afifuddin Ingin Redakan Ketegangan KPU-Bawaslu

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya