Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia, Khofifah Ajak Warga Jatim Mendoakan

Ia beberapa kali bertemu saat menjadi Mensos

Surabaya, IDN Times - Kabar duka kembali tersiar, Kamis (14/1/2021). Salah seorang ulama besar di Indonesia, Syekh Ali Jaber meninggal dunia. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa pun menyampaikan belasungkawa atas kabar tersebut.

"Atas nama masyarakat Jawa Timur, juga atas nama keluarga, saya menyampaikan  turut berdukacita dan berbela sungkawa sedalam-dalamnya atas wafatnya Syekh Ali Jaber," ujarnya dalam rilis resmi.

1. Ajak warga Jatim doakan Syekh Ali Jaber

Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia, Khofifah Ajak Warga Jatim MendoakanSyekh Ali Jaber bersama Akbar, bocah pemulung yang viral (Tangkapan layar instagramstory/@syekh.alijaber)

Khofifah pun mengajak masyarakat khususnya warta Jatim untuk mendoakan Syekh Ali Jaber supaya diterima di sisi Allah SWT. Mantan Menteri Sosial itu juga berharap keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran.

"Semoga keluarga juga diberikan kesabaran, ketabahan dan keikhlasan. Aamiin," kata dia.

2. Ia adalah ulama yang sangat peduli

Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia, Khofifah Ajak Warga Jatim MendoakanIDN Times/Fitria Madia

Ketum PP Muslimat Nahdlatul Ulana (NU) itu juga mengenang sosok Syekh Ali Jaber sosok ulama yang kharismatik, dermawan dan sangat peduli dengan para penyandang disabilitas. Dia mengaku beberapa kali bertemu ketika masih menjabat Mensos.

"Saat saya menjadi Menteri Sosial, almarhum beberapa kali  datang ke Salemba untuk berdiskusi tentang penyandang disabilitas khususnya akses Alqur'an digital bagi penyandang  disabilitas netra," kenangnya.

Baca Juga: Menag Yaqut: Syekh Ali Jaber Sangat Berjasa untuk Dakwah Indonesia

3. Siapkan Al-Quran digital untuk penyandang disabilitas

Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia, Khofifah Ajak Warga Jatim MendoakanSyekh Ali Jaber (Dok. ANTARA News)

Khofifah menilai, Syekh Ali Jaber sebagai sosok yang tidak berhenti berikhtiar untuk mengajak masyarakat untuk berinfak. Syekh Ali Jaber juga terus menyiapkan Al-Quran digital untuk para tuna netra.

"Sampai sebelum pandemik COVID-19 , beliau juga keliling Jawa Timur, memberikan pencerahan dan pencerdasan yang selalu membawa kesejukan," pungkasnya.

Seperti diketahui, Syekh Ali Jaber dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Yarsi Cempaka Putih, Jakarta Pusat, pada pukul 08.30 WIB, Kamis (14/1/2021). Syekh Ali Jaber sebelumnya dirawat di rumah sakit karena terpapar Covid-19. Namun, saat wafat, almarhum dinyatakan telah berstatus negatif COVID-19.

Baca Juga: Wafat, Syekh Ali Jaber Jadi Imam Masjid di Madinah Sejak Usia 13 Tahun

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya