Comscore Tracker

Surabaya Zona Hitam Kasus COVID-19, Ini Penjelasannya

Cepat sembuh Surabaya!

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 38 kabupaten/kota di Jawa Timur (Jatim) dipastikan telah terinfeksi virus SARS CoV-2. Praktis, peta sebaran kasus COVID-19 di provinsi ini berwarna merah semua. Namun baru-baru ini ada yang berbeda dengan peta Kota Surabaya. Peta yang semula berwarna merah kini menjadi hitam.

1. Karena kasus COVID-19 di Surabaya sudah parah

Surabaya Zona Hitam Kasus COVID-19, Ini PenjelasannyaIlustrasi virus corona/Dok. IDN Times

Kini Kota Pahlawan disebut menjadi zona hitam sesuai dengan perubahan warna pada peta persebaran COVID-19 di Jatim. Indikator itu disebabkan positif COVID-19 di Surabaya sudah mencapai 2.748 kasus hingga Selasa (2/6). Kemudian jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 3.083 kasus dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 3.771 kasus.

"Jadi pada dasarnya sebaran peta di Infocovid warna kabupaten/kota akan berubah secara otomatis sesuai dengan jumlah kasus dan menyesuaikan tabel gradasi warna," ujar Tim Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim dr Makhyan Jibril Al Farabi kepada IDN Times, Rabu (3/6).

2. Warna berbeda-beda dari ODP, PDP dan positif

Surabaya Zona Hitam Kasus COVID-19, Ini PenjelasannyaIlustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Jibril melanjutkan, jika tidak ada kasus konfirmasi positif namun ada ODP, maka warnanya biru kehijauan. Selanjutnya, apabila ada PDP maka warna peta sebaran di wilayah tersebut berubah menjadi oranye.

"Dan jika ada kasus konfirmasi COVID-19, maka warnanya merah," kata dokter lulusan Univerisity College London ini.

Baca Juga: Dokter Senior di Surabaya Meninggal dalam Status PDP

3. Warna merah akan semakin pekat jika kasus makin banyak

Surabaya Zona Hitam Kasus COVID-19, Ini Penjelasannya(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Lebih lanjut, apabila kasus terkonfirmasi positif di wilayah tertentu semakin banyak, maka warnanya tidak sekadar merah saja. Merah muda hanya berlaku jika satu hingga dua kasus saja. Ketika lebih dari 30, maka akan berwarna merah cerah. Jika lebih dari 500 kasus, berubah jadi merah pekat. Jika semakin parah dan melebihi 1.025 kasus peta menjadi hitam.

"Jika semakin banyak kasus konfirmasi, warna di peta sebaran akan semakin pekat hingga berwarna merah tua," Jibril menjelaskan.

Baca Juga: Seluruh Kecamatan di Surabaya Sudah Miliki Kampung Wani Jogo Suroboyo

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya