Stok Vaksin Miningitis Menipis, KKP Surabaya Sambat

Vaksin miningitis di KKP stok terakhir sampai Jumat

Surabaya, IDN Times - Jumlah vaksin miningitis di Jawa Timur (Jatim) terus menipis. Padahal, saat ini kebutuhannya sedang tinggi. Karena banyak jemaah umrah yang dijadwalkan segera berangkat ke Tanah Suci. Menipisnya vaksin miningitis ini diakui oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas I Surabaya.

1. Tersisa 1.103 dosis vaksin miningitis, diprediksi habis Jumat

Stok Vaksin Miningitis Menipis, KKP Surabaya SambatIlustrasi Vaksin. IDN Times/Arief Rahmat

Kepala KKP Kelas I Surabaya, Slamet Mulsiswanto mengatakan, pihaknya saat ini sedang menunggu kiriman vaksin miningitis dari pemerintah pusat. Pasalnya, ketersediaan alias stok vaksin hanya tersisa 1.103 dosis saja.

"Sampai hari ini di KKP masih bisa dijalankan penyuntikkan. Mungkin dosis terakhir sampai Jumat," ujarnya, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga: KKP Jelaskan Soal Jemaah Umrah Jatim Tertunda Berangkat 

2. Pendaftaran vaksin miningitis ditutup sejak 19 September, kini hanya melayani yang sudah daftar online

Stok Vaksin Miningitis Menipis, KKP Surabaya SambatKepulangan jemaah haji 2022. (dok. Angkasa Pura I)

Belum adanya tambahan pengiriman vaksin miningitis inilah yang membuat KKP menutup pendaftaran bagi masyarakat sejak 19 September 2022. Stok yang ada sekarang, kata Slamet, akan dihabiskan untuk masyarakat yang telah mendaftar secara daring atau online.

"Kalau sudah habis ya selesai. Tinggal menunggu dari pusat, dalam hal ini Kementerian Kesehatan. Biasanya seminggu dua minggu baru datang," kata Slamet.

3. Sudah ajukan 30 ribu dosis vaksin miningitis ke pemerintah pusat

Stok Vaksin Miningitis Menipis, KKP Surabaya Sambatilustrasi vaksin. (IDN Times/Aditya Pratama)

KKP sendiri, kata Slamet mengajukan permintaan vaksin miningitis sebanyak 30 ribu dosis. Dia berharap permintaan segera dipenuhi pemerintah pusat, meski hanya kecil. "Mohon doanya semoga bisa segera terdistribusi," harap Slamet.

Baca Juga: 61 Jemaah Umrah Jatim Masih Terlantar, Belum Diberangkatkan

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya