Stadion Gelora 10 November Siap Sambut Piala Dunia U-20

Sudah siap dipakai sarana latihan

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus mematangkan sarana untuk Piala U-20 2021. Salah satu yang sudah siap adalah Stadion Gelora 10 November (G10N) di Tambaksari, Surabaya. Stadion legendaris ini diproyeksikan sebagai lapangan pendamping untuk latihan.

1. Rumput hingga ruang ganti sudah direnovasi

Stadion Gelora 10 November Siap Sambut Piala Dunia U-20Stadion Gelora 10 November. IDN Times/Istimewa

Kepala Bidang (Kabid) Sarana Prasarana, Edi Santoso mengatakan, pihaknya telah merenovasi Stadion G10N. Seperti penggantian rumput stadion dengan standar FIFA, jarak pagar antara penonton dengan lapangan, lampu hingga fasilitas di dalam ruang ganti pemain.

"Ini untuk memenuhi kualifikasi dari FIFA, sehingga posisi pagar, rumput, lampu, ruang ganti sudah terpenuhi. Ini hanya untuk latihan. Harus sama kayak lapangan induk (Stadion Gelora Bung Tomo/GBT), rumput jenis dan ukurannya sama," ujarnya, Minggu (20/12/2020).

 

2. Lampu Stadion G10N pakai 800 lux

Stadion Gelora 10 November Siap Sambut Piala Dunia U-20Stadion Gelora 10 November (Instagram.com/world_best_stadium)

Edi menyampaikan, untuk kualitas lapangan di Stadion G10N sama seperti Stadion GBT. Akan tetapi, kualitas lampu stadion berbeda. Jika di Stadion GBT memakai LED 2.400 lux. Maka di Stadion G10N hanya 800 lux.

"Kalau dari FIFA, untuk latihan minimal hanya 800 (lux). Pertandingan 1.800 lux, internasional 2.400 lux," kata dia.

Baca Juga: Persiapan Piala Dunia U-20, Rumput Stadion Tambaksari Sudah Diganti

3. Progres renovasi G10N sudah 100 persen

Stadion Gelora 10 November Siap Sambut Piala Dunia U-20Proses penanaman rumput di Stadion Gelora 10 November beberapa waktu lalu. Dok Humas Pemkot Surabaya

Lebih lanjut, Edi menegaskan, renovasi Stadion G10N sudah 100 persen alias rampung. Ke depan,  elain kepentingan Piala Dunia U-20, stadion ini juga dapat dimanfaatkan bagi klub-klub Liga Indonesia.

"Bisa untuk Liga 1, 2 atau 3. Atau kalau ada yang berkeinginan masyarakat Surabaya, ada tim Manchester City, Manchester United ke Surabaya, pemerintah kota sudah menyiapkan lahan untuk bermain sepak bola," jelasnya.

Baca Juga: Peringati 100 Tahun Bung Tomo, Stadion Gelora 10 November Diuji Coba

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya