Soal Ujian Bahas Khilafah Ternyata Hasil Meniru

Ujian dilarang nyontek, tapi bikin soalnya malah nyontek

Surabaya, IDN Times - Soal ujian mata pelajaran fiqih kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri Kediri Utara yang ditarik Kemenag Kanwil Jatim telah diselidiki. Ternyata, pembuatan soal tersebut menyalahi prosedur.

1. Ternyata hanya copy paste

Soal Ujian Bahas Khilafah Ternyata Hasil MeniruDok.IDN Times/Istimewa

 

Kabid Pendidikan dan Madrasah Kanwil Kemenag Jatim, Akhmad Sruji Bahtiar mengatakan, hasil investigasi menilai kalau pembuat soal ngawur. Pasalnya, proses penyusunan soal ujian hanya menggunakan metode salin tempel atau copy paste dari buku panduan guru.

"Soal ini dibuat langsung oleh penyusun dan naik kepada percetakan. Terkait dalam konteks ini bahwa soal ternyata yang dibuat oleh penyusun fiqih ini hanya copy paste dari buku pegangan guru," ujarnya, Kamis (5/12).

2. Soal yang diujikan tidak ada di materi pelajaran

Soal Ujian Bahas Khilafah Ternyata Hasil MeniruDok.IDN Times/Istimewa

Tak sampai di situ, soal yang diujikan kepada para siswa sebenarnya juga tidak ada dalam pelajaran. Karena pada kurikulum mata pelajaran fiqih, bab khilafah sudah tidak lagi dimasukan dalam pembahasan.

"Setelah kami pelajari ternyata soal-soal itu tidak ada di materi pelajaran. Soal-soal ini yang ada di buku pedoman guru," imbuhnya.

Akhmad juga telah mendapat klarifikasi pembuat soal. Ternyata, penyusunan soal ujian mata pelajaran fiqih dilakukan secara tergesa-gesa. Kemudian melakukan tindakan copy paste dalam buku panduan guru.

"Ternyata setelah diklarifikasi dia murni karena keterbatasan waktu maka dengan tergesa-gesar. Mencari soal yang siap untuk diujikan. Itu hasil investigasi tadi malam," kata Akhmad.

3. Semua soal ditarik dan digelar ujian ulang

Sementara itu, Plt Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Moch Amin menyesalkan adanya soal ujian membahas khilafah yang telah diujikan, Rabu (4/12). Ia menginstruksikan semua soal ditarik dan digelar ujian ulang.

"Kami akan menarik seluruh soal yang diujikan, seluruh soal Fiqih yang diujikan kemarin dan akan kita adakan ujian ulang dengan soal yang berbeda," katanya.

4. Kemenag Jatim minta maaf

Soal Ujian Bahas Khilafah Ternyata Hasil MeniruKantor Kemenag Jatim. Dok. IDN Times/Istimewa

Amin pun meminta maaf kepada para kiai dan ulama adanya temuan soal ujian MAN membahas tentang khilafah. Ke depan, pihaknya berjanji melakukan pengawasan secara menyeluruh agar tidak terulang lagi.

"Secara institusi, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur mohon maaf kepada para tokoh para kiai, para ulama atas kejadian seperti," pungkasnya.

Baca Juga: Ketika Anak Muda Bicara Soal Khilafah

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya