Soal Perpanjangan PPKM Level, Khofifah Manut Pak Luhut

PPKM Level 4 di 12 kabupaten/kota

Surabaya, IDN Times - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3-4 akan berakhir Minggu (25/7/2021). Apabila kasus COVID-19 mengalami tren penurunan, pemerintah berjanji melonggarkannya, Senin (26/7/2021). Namun, Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa belum bisa memastikan pelonggaran tersebut.

1. Masih akan rakor dengan Luhut

Soal Perpanjangan PPKM Level, Khofifah Manut Pak LuhutKhofifah membagikan masker di Pasar Oro-oro Dowo Kota Malang. IDN Times/ Alfi Ramadana

Khofifah mengatakan, kalau dirinya akan rapat koordinasi (rakor) terkait PPKM Level dengan Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Pandjaitan. Apabila diperpanjang, maupun ada perubahan, nantinya akan ada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

"Ini nanti sore akan ada rakor dipimpin Pak Menko Marves, jadi kaitan PPKM Level 4 nanti akan ada rapat. Jadi kita menunggu biasanya akan diikuti oleh terbitnya Inmendagri," ujarnya, Minggu (25/7/2021).

Baca Juga: SMA/SMK di Jatim akan Dibuka Secara Terbatas Usai PPKM Darurat

2. Sekarang masih berlaku PPKM Level

Soal Perpanjangan PPKM Level, Khofifah Manut Pak LuhutIlustrasi PPKM Darurat (IDN Times/Sachril Agustin Berutu)

Hingga saat ini, kata Khofifah, Jatim masih menerapkan PPKM Level 4 di 12 kabupaten/kota. Antara lain Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Lamongan, Gresik, Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Blitar, dan Kota Batu.

Kemudian 26 daerah masuk level 3. Adalah Tuban, Trenggalek, Situbondo, Sampang, Ponorogo, Pasuruan, Pamekasan, Pacitan, Ngawi, Nganjuk, Mojokerto, Malang, Magetan, Lumajang, Kediri, Jombang, Jember, Bondowoso, Bojonegoro, Blitar, Banyuwangi, Bangkalan, Sumenep, Probolinggo, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan.

"Kalau sekarang, level 4 ada 12 (daerah). Level 3 ada 26 (daerah). Jadi kita akan tunggu, seluruh evaluasi itu yang lakukan tim dari pusat," katanya.

3. Tegaskan PPKM Darurat sudah berakhir

Soal Perpanjangan PPKM Level, Khofifah Manut Pak LuhutIlustrasi PPKM Darurat. IDN Times/ istimewa

Terkait PPKM Darurat, mantan Menteri Sosial (Mensos) ini menegaskan sudah selesai pada Selasa (20/7/2021). Maka, memasuki Rabu (21/7/2021) hingga Minggu (25/7/2021) merupakan PPKM Level 3-4. Selama PPKM Darurat dan Level, Khofifah menyebut testing Jatim sangat masif.

"Ketika PPKM Dqrurat sampai awal PPKM Level 4, testing yang dilakukan di Jatim yang mestinya menurut WHO 45 ribu per minggu, di saat PPKM Darurat kemarin sampai awal PPKM Level 4 itu ada 84 ribu," katanya.

"Jadi dua kali lipat target testing menurut WHO, artinya bahwa ada kecenderungan masyarakat yang merasa ada gejala ringan lalu mereka mencari lab PCR terdekat," dia menambahkan.

Namun, sambung Khofifah, pengetesan PCR masih berpusat di Surabaya. Pihaknya pun mengajukan penguatan pengetesan ke Menko Luhut agar merata di 37 kabupaten/kota lainnya. "Karena di Surabaya sudah hampir 50 persen maka perluasan lab PCR menjadi penting," pungkasnya.

Baca Juga: Sampaikan Perpanjangan PPKM Darurat, Khofifah Minta Maaf

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya