Comscore Tracker

SMA/SMK di Jatim Dibuka Mulai Besok, Kecuali Surabaya dan Sidoarjo

Siapa aja nih yang besok masuk sekolah?

Surabaya, IDN Times - Uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) jenjang SMA/SMK dan SLB Jawa Timur (Jatim) dimulai besok Selasa (18/8/2020). Namun, kegiatan PTM masih belum berlaku di Surabaya dan Sidoarjo.

Dalam peta risiko Satgas COVID-19 Jatim, per Minggu (16/8/2020), Surabaya sebenarnya sudah masuk zona oranye. Namun Dinas Pendidikan menyatakan bahwa Surabaya dan Sidoarjo masih zona merah.

"Surabaya dan Sidoarjo belum, karena zona merah. Zona merah belum dibuka. Tapi, semua fleksibel sesuai kondisi masing-masing," terang Kepala Dinas Pendidikan Jatim Wahid Wahyudi di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (17/8/2020).

1. SMA/SMK yang ingin buka harus dapat izin Satgas COVID-19 kab/kota setempat

SMA/SMK di Jatim Dibuka Mulai Besok, Kecuali Surabaya dan SidoarjoIlustrasi siswa SMA. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Selain status zona atau tingkat penularan di suatu wilayah, pembukaan sekolah harus memenuhi beberapa syarat wajib. Wahid menyampaikan, SMA, SMK, dan SLB sederajat harus mendapat izin dari Satgas COVID-19 kabupaten/kota. Kemudian siswa yang masuk harus mendapatkan persetujuan dari wali murid.

"Bagi yang tidak mendapatkan izin dari orangtua, tetap akan dilaksanakan pengajaran jarak jauh," kata Wahid.

2. Syarat wajib dilaporkan kepala sekolah ke kepala cabang dinas kabupaten/kota

SMA/SMK di Jatim Dibuka Mulai Besok, Kecuali Surabaya dan SidoarjoIlustrasi kegiatan belajar mengajar siswa SMA. IDN Times/Ervan Masbanjar

Dua syarat wajib tersebut harus dipenuhi dan disampaikan kepala sekolah serta kepala cabang dinas di setiap wilayahnya. Wahid menegaskan, syarat itu berlaku hanya untuk SMA/SMK dan SLB sederajat. Tidak berlaku bagi jenjang di bawahnya. Terkait jumlah sekolah yang sudah bisa memulai PTM, dia tidak menyebut secara rinci.

"Ini akan koordinasi terus," ucapnya.

Baca Juga: SMA/SMK Negeri di Jatim Gratis, Swasta Dapat Subsidi

3. Khofifah akan tinjau langsung PTM di Probolinggo

SMA/SMK di Jatim Dibuka Mulai Besok, Kecuali Surabaya dan SidoarjoGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat launching 26 juta masker di Pendopo Kabupaten Malang. IDN Times/ Alfi Ramadana

Yang pasti, lanjut Wahid, Gubernur Khofifah Indar Parawansa diagendakan meninjau langsung pelaksanaan hari pertama uji coba terbatas. Yakni di SMAN 2 dan SMKN 2 Kota Probolinggo, Selasa (18/8/2020). Sekolah yang menerapkan PTM nantinya akan dievaluasi akhir Agustus.

“Besok (Selasa) ibu gubernur akan mengunjungi hari pertama uji coba terbatas," bebernya.

"Per kelas siswanya 9 hingga 18 siswa per kelas, yaitu ke SMAN 2 Probolinggo, SMK Negeri 2 Kota Probolinggo,” imbuh Wahid.

Baca Juga: SMA/SMK di Jatim Dibuka Lagi pada 18 Agustus, Kecuali Zona Merah

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya