Siapkan Berkasmu! Pemprov Jatim Akan Kembali Gelar Tes CPNS

Masih ada sekitar 400 formasi yang kosong

Surabaya, IDN Times - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur (Jatim) Anom Surahno menyampaikan bahwa akan ada lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2019. Namun hingga kini ia belum tahu kapan pastinya pelaksanaan tes.

"Sekarang masih tabulasi, menghitung berapa kebutuhan formasi masing-masing OPD (organisasi perangkat daerah)," ujar Anom usai rapat paripurna di DPRD Jatim, Kamis (14/3).

1. Proses penyelenggaraan tes panjang

Siapkan Berkasmu! Pemprov Jatim Akan Kembali Gelar Tes CPNSAntara Foto/Adeng Bustomi

Anom mengatakan, proses menuju tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masih cukup panjang. Setelah melakukan tabulasi kebutuhan, selanjutnya BKD Jatim membahasnya dengan Kemenpan RB untuk kemudian ditetapkan berapa formasi di Pemprov Jatim.

"Prinsipnya penyelenggara tetap Kemenpan RB dan BKN," kata Anom.

Baca Juga: Delapan CPNS di Jatim Dicoret, Salah Satunya karena Nyaleg

2. Disesuaikan kemampuan APBD

Siapkan Berkasmu! Pemprov Jatim Akan Kembali Gelar Tes CPNSAntara Foto/Aprilio Akbar

Anom pun menyebut bahwa tahun 2019 ada tes tapi kepastian waktu belum ada. Ia mengatakan kalau segera dilakukan dengan penyesuain kemampuan APBD. "Belum ditentukan kapan, segera lah. Kuotanya juga belum, pastinya akan disesuaikan kemampuan APBD," ucap Anom.

3. Banyak formasi yang kosong

Siapkan Berkasmu! Pemprov Jatim Akan Kembali Gelar Tes CPNSkorpri.id

Anom mencatat pada tahun 2018 saja pegawai negeri di Jatim yang pensiun mencapai 2.400 orang. Sedangkan kuota yang disediakan Kemenpan RB pada CPNS tahun 2018 baru 1.971 formasi. Masih ada sekitar 400 lebih formasi yang kosong.

Jumlah ini kemungkinan besar bertambah mengingat adanya ASN yang pensiun tahun 2019 ini. "Kami menganut prinsip zero growth, mengganti yang pensiun. Misal pensiun 100 orang, CPNS-nya 100 orang juga," beber Anom.

4. Serahkan keputusan ke Kemenpan RB dan BKN

Siapkan Berkasmu! Pemprov Jatim Akan Kembali Gelar Tes CPNSIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Meski begitu, Anom menyerahkan sepenuhnya soal formasi kepada Kementerian RB. Semua keputusan berada di kementerian pimpinan Syafruddin tersebut. Pihaknya belum tahu berapa jumlah yang disediakan untuk CPNS tahun ini. "Kita serahkan ke BKN dan Kemenpan RB," pungkasnya.

Baca Juga: Tinjau USBN, Khofifah Ingin Ujian Sekolah Seperti Tes CPNS

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya