Comscore Tracker

Siap-siap, Besok Pemprov Gelar Operasi Pasar Murah di Jatim Expo

Operasi pasar untuk antisipasi pandemi COVID-19

Surabaya, IDN Times - Pemprov Jawa Timur (Jatim) akan menggelar operasi pasar di Jatim Expo besok, Selasa (21/4). Operasi pasar ini laiknya lumbung pangan Jatim.

"Ini operasi pasar yang dilakukan untuk antisipasi pandemi COVID-19," ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (19/4).

1. Di lokasi diterapkan physical distancing, ada juga jasa kirim ke rumah

Siap-siap, Besok Pemprov Gelar Operasi Pasar Murah di Jatim ExpoIlustrasi beras (IDN Times/Shemi)

Nantinya, pengunjung akan diminta menerapkan physical distancing atau jaga jarak saat berbelanja di operasi pasar ini. Jumlah pembeli yang masuk ke Jatim Expo akan dibatasi, kemudian antrean di kasir diberi jarak satu sampai dua meter.

Tak hanya itu, pengelola juga menyiapkan fasilitas antar bagi pembeli yang enggan keluar rumah. Bahkan, ongkos kirim (ongkir) pun digratiskan selama tidak lebih 20 kilometer dari Jatim Expo.

"Kami juga sudah mengoordinasikan setiap yang datang menggunakan masker," kata Khofifah.

2. Menjual kebutuhan pokok dengan harga lebih rendah daripada di pasar

Siap-siap, Besok Pemprov Gelar Operasi Pasar Murah di Jatim ExpoGubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat melakukan konferensi pers Kamis (16/4). Dok.IDN Times/Istimewa

Dalam operasi pasar tersebut, beberapa kebutuhan pokok akan dijual. Antara lain beras, gula, minyak goreng, daging ayam, telur ayam, dan bawang putih. Harga yang dipatok pun lebih rendah. Gula misalnya, akan dipatok sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET), yakni Rp12 ribu.

"Gula ini perlu dibatasi setiap pembelian sebanyak 2 kilogram dan kami sudah kemas 1 kilogram. Jadi hanya gula. Yang lain boleh berapa saja, tapi dalam arti tidak untuk kulakan besar," kata Direktur PT Pancawirausaha PWU Erlangga Satriagung.

"Beras ada medium, premium, harganya beda Rp500 dengan di pasaran. Kemudian ada juga minyak goreng beberapa merk, yang perbedaannya di pasar sekitar Rp500-700 per liter dan juga telur ayam perbedaan harga pasar sekitar Rp3000 sampai Rp3.500," dia melanjutkan.

Baca Juga: Khofifah Benarkan Santri Malaysia Sempat Belajar ke Temboro Magetan

3. Bisa pesan di GoShop dan GoSend

Siap-siap, Besok Pemprov Gelar Operasi Pasar Murah di Jatim ExpoIlustrasi beras di pasar (IDN Times/Shemi)

Terkait pemesanan antar kirim, Erlangga menjelaskan, pihaknya telah bekerja sama dengan perusahaan aplikator GoJek. Maka, bagi masyarakat yang enggan datang langsung, bisa membeli melalui GoShop dan GoSend.

"Ada satu lagi, Insyaallah juga sedang kami uji coba adalah fasilitas preorder," ucapnya.

"Masyarakat bisa memesannya dan bisa diambil kapan jamnya juga. Tidak perlu turun dari kendaraan karena sudah ada petugas yang menyiapkan dan langsung. Jadi bisa menggunakan mobil atau motor datang, kemudian diberikan," da menambahkan.

Baca Juga: Bikin Sehat dan Berkeringat, Khofifah Puji Wedang Pokak ala Risma

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya