Sempat Terkendala Cuaca, Water Bombing Arjuno Dilanjutkan Hari Ini

Kebakaran sudah terjadi selama lima hari

Surabaya, IDN Times - Helikopter yang akan melakukan water bombing kembali bergerak untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Gunung Arjuno, Rabu (16/10). Heli ini seharusnya bisa mulai memadamkan karhutla sejak kemarin (15/10). Namun, faktor cuaca membuat upaya itu harus ditunda.

1. Kemarin terganggu awan, sekarang terbang lagi untuk pemadaman

Sempat Terkendala Cuaca, Water Bombing Arjuno Dilanjutkan Hari IniDokumentasi Humas Pemprov Jatim

 

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, helikopter M-18 milik BNPB ini telah terbang ke kawasan Gunung Arjuno selama 30 menit, Selasa (15/10). Sayangnya, kondisi cuaca yang berawan menyulitkan helikopter menembus titik hotspot karhutla.

"Hari ini, Rabu (16/10) mulai jam 06.30 WIB bergerak lagi, mohon do'a nya semoga lancar. Terimakasih semua dukungan BNPB untuk Pemprov Jawa Timur ," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (14/10).

2. Ke kawasan Blok Lusuk Lembu

Sempat Terkendala Cuaca, Water Bombing Arjuno Dilanjutkan Hari IniDokumentasi Humas Pemprov Jatim

Titik hotspot karhutla yang dimaksud ialah berada di kawasan hutan konservasi Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo. Tepatnya di jalur pendakian menuju Gunung Arjuno. Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, titik api berada di Blok Pusuk Lembu, Desa Toyomarto, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

3. Punya medan yang curam

Sempat Terkendala Cuaca, Water Bombing Arjuno Dilanjutkan Hari IniDokumentasi Humas Pemprov Jatim

 

Mantan Menteri Sosial ini menyebut, titik api di kawasan Curah Sriti itu memiliki medan yang terjal. Sehingga perlu pemadaman menggunakan heli water bombing. Hingga saat ini penyebab kebakaran belum diketahui termasuk luasan lahan yang terbakar.

"Medannya sulit untuk ditembus jika ingin dipadamkan secara manual menggunakan tenaga manusia. Titik api berada di ketinggian 2.300 mdpl dengan kemiringan mencapai 70 derajat," terang Khofifah.

Baca Juga: 100 Hektar Lahan di Gunung Arjuno Dilalap Si Jago Merah

4. Kebakaran di Gunung Arjuno mulanya terjadi pada Jumat (11/10)

Sempat Terkendala Cuaca, Water Bombing Arjuno Dilanjutkan Hari IniANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Karhutla di kawasan Gunung Arjuno terjadi mulai Jumat (11/10). Mulanya kebakaran terjadi di kawasan Gunung Mujur, Blok Curah Banteng dan wilayah Curah Sriti, Blok Pusuk Lembu, Gunung Arjuno, Karangploso, Kabupaten Malang.

Dua titik kebakaran tersebut bisa dijinakan BPBD Kabupaten Malang dan BPBD Jatim. Namun, titik api diketahui kembali muncul di wilayah Curah Sriti, Blok Pusuk Lembu dan masih berusaha dipadamkan.

Baca Juga: Lereng Arjuno Terbakar Lagi, Petugas Siapkan Upaya Pemadaman 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya