Comscore Tracker

Semeru Pagi Ini: Masih Terjadi Letusan dan Awan Panas

Statusnya Level IV atau awas

Lumajang, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim) ikut melakukan pemantauan Gunung Semeru. Diketahui, gunung tertinggi di Pulau Jawa itu mengalami erupsi pada Minggu (4/12/2022).

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim, Sriyono mengatakan dalam laporan tertulisnya yang didapat dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru hingga pukul 07.00 WIB, Senin (4/12/2022), status Gunung Semeru masih level IV atau awas. Secara visual, gunung ini tampak jelas.

"Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 500 meter di atas puncak kawah," ujarnya kepada IDN Times.

Kemudian masih teramati Awan Panas Guguran (APG) dengan jarak luncur 1000 meter mengarah ke tenggara. Beberapa kali letusan juga masih terjadi di Semeru. "Teramati empat kali letusan tinggi asap kl 500 - 700 meter warna asap putih kelabu condong ke arah barat daya," kata dia.

Lebih lanjut, kata Sriyono, juga terpantau guguran lava yang keluar dari Semeru. "Satu kali guguran lava jarak luncur 300 m ke arah Besuk Kobokan. Teramati api diam," kata dia. Karena kondisinya masih belum kondusif, warga diminta tetap bertahan di pengungsian.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya