Sasar Ponpes, 16 Pengedar Narkoba Diringkus Polda Jatim

Yaopo iki rek?

Surabaya, IDN Times - Peredaran narkoba memang tak kenal tempat. Nyatanya, barang haram tersebut menyasar ke beberapa pondok pesantren (ponpes). Fakta itu diungkapkan oleh Kapolda Jawa Timur (Jatim), Irjen Pol Nico Afinta saat rilis pemusnahan barang bukti narkoba dan minuman keras (miras) di Mapolda Jatim, Senin (12/4/2021).

1. Ada 16 tersangka yang akan mengedarkan sabu ke ponpes awal tahun

Sasar Ponpes, 16 Pengedar Narkoba Diringkus Polda JatimIlustrasi narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Jenderal dua bintang itu membeberkan, 16 dari 2.205 tersangka yang diringkus selama 1 Januari-31 Maret 2021 berupaya mengedarkan sabu-sabu ke dalam ponpes. "Itu presentasenya 0,8 persen. Meski kurang dari satu persen, kami harapkan bisa nol," ujar Nico.

Baca Juga: Wujudkan Bebas Narkoba, BNN Kota Tangerang Bentuk Relawan Anti Narkoba

2. Polisi koordinasi dengan ponpes untuk cegah narkoba masuk ponpes

Sasar Ponpes, 16 Pengedar Narkoba Diringkus Polda JatimKapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta bersama Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar dan Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko. IDN Times/Alfi Ramadana

Para pengasuh ponpes, lanjut Nico, ikut waspada dengan maraknya peredaran narkoba. Pihaknya terus berkoordinasi dengan ponpes supaya mau melaporkan jika ada temuan dugaan transaksi narkoba.

"Karena pihak pondok pesantren berharap kepada Polri bisa menindak siapa saja yang coba-coba menyelundupkan (narkoba) ke pesantren," katanya.

3. Pengasuh ponpes ajak semua kalangan lawan narkoba

Sasar Ponpes, 16 Pengedar Narkoba Diringkus Polda JatimIlustrasi Narkotika (IDN Times/Mardya Shakti)

Pengasuh Ponpes Bumi Shalawat Sidoarjo Kiai Agoes Ali Masyhuri alias Gus Ali mengatakan, pemberantasan narkoba harus dilakukan sinergi oleh semua kalangan. Sehingga tak hanya mengandalkan pemerintah atau aparat saja. Masyarakat juga harus bersepakat melawan narkoba.

"Belajar dari masa lalu, hiduplah untuk masa kini, dan rencanakan masa depan. Semoga usaha pemerintah kita ini diberkahi Allah. Semoga ibadah Ramadan berjalan dengan baik," tegasnya.

Baca Juga: Bandar Sabu Lintas Kabupaten Dibekuk, 200 Gram Sabu Diamankan Polisi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya