SAR Surabaya Tak Libur, Siaga Khusus Selama Nataru

Siap tangani bencana dan kecelakaan

Surabaya, IDN Times - Jelang tahun baru, Tim SAR Surabaya terus siaga. Pasalnya beberapa bencana alam maupun nonalam masih terus mengancam. Mengingat intensitas hujan di Jawa Timur (Jatim) semakin tinggi. Salah satu yang dilakukan ialah menyiapkan rescuer.

Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Surabaya, I Wayan Suyatna mengatakan, para rescuer ini sebenarnya sudah disiapkan selama Natal kemarin. Kemudian dilanjut hingga momen tahun baru besok. Mereka disiapkan dalam penyelenggaraan Siaga SAR Khusus.

"Siaga SAR Khusus ini dilaksanakan selama 19 hari, dimulai sejak H-8 Hari Raya Natal, yaitu 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diihat, Selasa (28/12/2021).

1. Lakukan siaga di tempat dan bergerak

SAR Surabaya Tak Libur, Siaga Khusus Selama NataruSAR Surabaya lakukan Siaga Khusus Nataru. Dok. Kantor SAR Surabaya.

Model Siaga SAR yang dilaksanakan, yaitu siaga di tempat dan siaga bergerak. Siaga di tempat dilaksanakan di Kantor SAR Surabaya, Pos SAR Jember, Pos SAR Trenggalek, Pos SAR Banyuwangi, Unit Siaga SAR Sumenep dan dermaga KN SAR.

Siaga SAR bergerak dilakukan dengan melaksanakan patroli, misal dengan rute yang dimulai dari Kantor SAR menuju ke beberapa objek vital di Jatim. "Seperti Bandara Juanda, Terminal Purabaya dan Stasiun Kereta Api Surabaya Gubeng," kata dia.

Adapun objek-objek vital lain yang disinggahi dalam rangkaian Siaga SAR Khusus ini, di antaranya Bandara Banyuwangi, Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Pelabuhan Kalianget, serta beberapa stasiun dan terminal.

"Siaga bergerak juga dilakukan di beberapa objek wisata di Jatim, di antaranya Pantai Kenjeran, Pantai Asmara, Pantai Prigi, Pantai Boom dan Pantai Watu Dodol," Wayan menambahkan.

Baca Juga: Status Tanggap Darurat Semeru Dicabut, Ganti Transisi Darurat

2. Patroli perairan, kerahkan alut air dan darat sekaligus

SAR Surabaya Tak Libur, Siaga Khusus Selama NataruSAR Surabaya lakukan Siaga Khusus Nataru. Dok. Kantor SAR Surabaya.

Selain itu, Siaga Bergerak juga dilaksanakan di wilayah perairan, yaitu patroli dengan menggunakan RIB di perairan Selat Madura yang menjadi rute penyeberangan Surabaya – Madura dan perairan Selat Bali yang menjadi rute penyeberangan Ketapang - Gilimanuk.

“Kantor SAR Surabaya menyiagakan seluruh Alut SAR yang ada, yaitu Alut SAR air dan Alut SAR darat, guna mendukung pelaksanaan Siaga SAR Khusus ini,” kata Wayan.

Alut SAR air yang disiagakan, KN SAR Widura, KN SAR Antasena, KN SAR Permadi, KN SAR Srikandi, empat RIB, satu jetski dan beberapa perahu karet berikut dengan mesin motor tempelnya. Kemudian ada pula rescue truck, rescue car, truk angkut personel, ATV Heavy Duty dan beach patrol, dua spider excavator, dan beberapa motor trail.

3. Tak libur selama Nataru, siap tangani bencana dan kecelakaan

SAR Surabaya Tak Libur, Siaga Khusus Selama NataruSAR Surabaya lakukan Siaga Khusus Nataru. Dok. Kantor SAR Surabaya.

Kantor SAR Surabaya juga menyiagakan sejumlah peralatan SAR, seperti peralatan vertical rescue, water rescue, jungle rescue, komunikasi, navigasi darat, CSSR dan VAR, juga peralatan medis dan sejumlah Alat Pelindung Diri (APD).

“Meski pun pemerintah meniadakan libur bersama selama masa pandemik COVID-19 ini, tim operasi Kantor SAR Surabaya tetap disiagakan untuk mengantisipasi jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan, misalnya kecelakaan dan bencana," imbuh Wayan.

Selama melaksanakan siaga SAR khusus, tim operasi Kantor SAR Surabaya selalu berkoordinasi dengan petugas-petugas yang juga melaksanakan siaga, seperti dengan pihak TNI dan Kepolisian, Dishub dan ASDP.

Baca Juga: 36 Masih Hilang, Operasi SAR Korban Erupsi Semeru Ditutup

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya