Comscore Tracker

Sambut New Normal, Pengusaha Rental Mobil Jatim Siapkan Ini

Pengusaha mobil rental sambut baik kenormalan baru

Surabaya, IDN Times - Pemerintah dalam waktu dekat akan menerapkan new normal atau kenormalan baru. Skema ini pun ditanggapi positif oleh Ketua Asosisasi Pengusaha Rent Car Daerah (Asperda) Jawa Timur (Jatim), Junaedi. Menurutnya, new normal ialah kabar baik bagi pengusaha rental.

"Ini angin segar bagi kami," ujarnya kepada IDN Times, Minggu (31/5).

1. Sediakan hand sanitizer dan semprot rutin disinfektan

Sambut New Normal, Pengusaha Rental Mobil Jatim Siapkan IniPexels/ Anna Shvets

Untuk menunjang pelaksanaan new normal, Junaedi dan rekan-rekannya di Asperda memberikan syarat dan fasilitas bagi penyewa mobil. Seperti wajib memakai masker, menyediakan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer dan menyemprot disinfektan secara rutin.

"Kami sudah mulai lakukan itu, di mobil ada hand sanitizer dan menyemprot disinfektan setelah mobil itu dipakai," kata Junaedi.

2. Ada pembatasan penumpang

Sambut New Normal, Pengusaha Rental Mobil Jatim Siapkan IniAnggota Asosiasi Pengusaha Rent Car daerah (Asperda) Jawa Timur. Junaedi for IDN Times

Terkait penyewa, lanjut Junaedi, pihaknya memberi syarat isi penumpang ada pembatasan. Misalnya mobil tipe Avanza dan Innova yang biasanya bisa muat delapan orang, kini hanya diperbolehkan empat penumpang termasuk sopir. Kemudia Hiace, maksimal enam penumpang termasuk sopir.

"Itu termasuk penerapan physical distancing jadi harus benar-benar dilaksanakan," ucap dia.

Baca Juga: Curhatan Pengusaha Rental Mobil yang Terdampak Wabah Virus Corona

3. Protokol kesehatan dipertegas

Sambut New Normal, Pengusaha Rental Mobil Jatim Siapkan Ini(Skenario new normal di Indonesia) IDN Times/Sukma Shakti

Lebih lanjut, mengenai penerapan kenormalan baru harus diawasi bersama. Tidak serta-merta dibebaskan seperti sebelumnya. Justru penerapan protokol kesehatan diperketat. "New normal ini harus dipertegas dengan protokol kesehatan transportasi," kata dia.

Baca Juga: Pengusaha Rental Mobil Hanya Dapat Pemasukan 5 Persen Sebulan Terakhir

Topic:

  • Ardiansyah Fajar
  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya