RSUD Dr. Soetomo Tegaskan Belum Rawat Pasien Omicron

Semoga varian ini tak meluas, tetap disiplik prokes rek!

Surabaya, IDN Times - Rumah Sakit dr. Soetomo, Surabaya, memastikan belum satu pun merawat pasien terinfeksi COVID-19 varian Omicron. Saat ini, hanya tersisa beberapa pasien COVID-19 dengan gejala sedang. Semua pasien tersebut dipastikan tidak ada yang terjangkit varian Omicron.

"Belum ada (pasien terinfeksi varian Omicron)," kata Kepala Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) dan Humas RSUD dr. Soetomo, dr. Pesta Parulian saat dikonfirmasi.

1. Hanya ada 4 pasien di RSUD dr. Soetomo, tidak ada yang terjangkit Omicron

RSUD Dr. Soetomo Tegaskan Belum Rawat Pasien OmicronHumas RSUD Dr Soetomo Surabaya, Pesta Parulian saat ditemui di RSUD Dr Soetomo, Senin (2/12). (IDN Times/Fitria Madia)

dr. Pesta menjelaskan, per 2 Januari 2022, ada sisa empat pasien COVID-19 yang dirawat di RSUD dr. Soetomo. Namun, semua pasien tersebut tidak terjangkit varian Omicron. Bahkan, pasien tersisa itu dalam kondisi yang baik.

"Kami ada empat pasien, tapi tidak Omicron. Kondisinya ringan. Tinggal tunggu (swab ulang), negatif lalu pulang," ujarnya.

Baca Juga: Pasien Omicron di Jatim dari Surabaya Berlibur ke Bali

2. RSUD dr. Soetomo tetap waspada COVID-19 dan varian baru

RSUD Dr. Soetomo Tegaskan Belum Rawat Pasien Omicronilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Terkait merebaknya varian Omicron, dr. Pesta mengakui kalau pihak RSUD dr. Soetomo senantiasa waspada. Sebab, Dirut RSUD dr. Soetomo, dr. Joni Wahyuhadi juga berulang kali memberikan wanti-wanti kepada yang bertugas.

"Kita semua waspada dengan Omicron di mana pun dia," ucap dr. Pesta.

3. Omicron diumumkan masuk Jatim pada 2 Januari 2022

RSUD Dr. Soetomo Tegaskan Belum Rawat Pasien OmicronJalan Ahmad Yani, Kota Surabaya dari udara. Dok. Humas Pemkot Surabaya

Varian Omicron sendiri terdeteksi sudah masuk ke Jatim pada 2 Januari 2022. Hal itu terkonfirmasi usai Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair) mendapatkan hasil Whole Genomen Sequencing (WGS) pasien berinisial TYC asal Surabaya dengan CT Value 26. Pasien tersebut diketahui sempat berlibur ke Bali selama lima hari.

Baca Juga: Kadinkes Sebut Baru 1 Pasien Omicron di Jatim

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya