Comscore Tracker

Resmi, Soekarwo Dapat Gelar Doktor HC Ketiganya

Soekarwo dianggap berjasa karena program BOSDA MADIN

Surabaya, IDN Times - Mantan Gubernur Jawa Timur (Jatim), Soekarwo mendapat gelar Doktor Honoris Causa (HC) bidang pendidikan Islam di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Rabu (27/3). Penyematan gelar ini pun dihadiri Gubernur Jatim; Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak, dan Komandan Kogasma Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Baca Juga: Soekarwo dan Gus Ipul Hadiri Deklarasi Dukungan Ulama untuk Jokowi

1. Jadi gelar Doktor HC yang ketiga

Resmi, Soekarwo Dapat Gelar Doktor HC KetiganyaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Gelar Doktor HC ini menjadi yang ketiga kalinya bagi Pakde Karwo sapaan akrab Soekarwo. Sebelumnya, Gubernur Jatim dua periode ini telah mendapat gelar dari Universitas Airlangga (UNAIR) dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Ditanya apakah memang ada niatan koleksi Doktor HC, Pakde Karwo hanya menjawabnya dengan tertawa. Namun ia menegaskan tidak ada target apapun. "Tidak ada target," ujarnya lantas tertawa. 

2. Ingin salafiyah bisa jadi model pendidikan yang luar biasa

Resmi, Soekarwo Dapat Gelar Doktor HC KetiganyaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Pria kelahiran Madiun ini menyampaikan hanya ingin salafiyah menjadi salah satu model pendidikan yang luar biasa. Sebab di Indonesia khususnya Jatim, basis spiritual sudah ada. "Tinggal menambah science (pengetahuan) dan teknologi. Jadi kalau digabung jadi satu, sangat luar biasa," katanya.

3. Program Bosda Madin buat UINSA berikan gelar Doktor HC

Resmi, Soekarwo Dapat Gelar Doktor HC KetiganyaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara Rektor UINSA, Masdar Hilmi mengatakan gelar Doktor HC bidang pendidikan agama Islam ini bentuk apresiasi UINSA terhadap program Pakde selama 10 tahun memimpin Jatim. Dia menyebut program Beasiswa Operasional Daerah (BOSDA) untuk guru Madrasah Diniyah (MADIN) di Jatim sangat efektif.

"Ini program yang sangat bagus. Bisa membuat guru Madin sekolah mendapat gelar setara sarjana," pungkasnya.

Baca Juga: Mahasiswa Tolak Pemberian Honoris Causa ke Soekarwo, Begini Kata UINSA

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You