Resmi Dilantik, Bupati Sampang Ingin Pulangkan Pengungsi Syiah

Semoga bukan pemanis di awal jabatan ya, Pak

Surabaya, IDN Times - Bupati dan Wakil Bupati Sampang, Slamet Junaidi-Abdullah Hidayat telah dilantik oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (30/1). Keduanya dipastikan mendapat pekerjaan rumah yang besar. Sebab, ratusan warga Syiah asal Sampang hingga kini masih menjadi pengungsi di Rumah Susun (Rusun) Jemundo, Sidoarjo. Mereka harus terusir dari Sampang karena ajaran yang dianut.

1. Segera koordinasi dengan tokoh hingga kiai

Resmi Dilantik, Bupati Sampang Ingin Pulangkan Pengungsi SyiahIDN Times/Ardiansyah Fajar

Slamet menuturkan bahwa sejak awal ia sudah berencana memulangkan warganya yang berada di Rusun Jemundo, Sidoarjo. "Kami akan pikirkan, bagaimana membuat saudara di Jemundo supaya bisa kembali, saya yakin warga Sampang juga. Masalah syiah nanti saja, tentunya kami akan koordinasikan mulai Pemda, LSM, MUI dan para kiai," ujar Slamet usai pelantikan, Rabu (30/1).

2. Jika ditolak, minta solusi ke seluruh kalangan di Sampang

Resmi Dilantik, Bupati Sampang Ingin Pulangkan Pengungsi SyiahIDN Times/Ardiansyah Fajar

Untuk mewujudkan itu, lanjut Slamet, dia segera berkomunikasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sampang. Dia juga berupaya melakukan pendekatan dengan tokoh masyarakat, MUI dan ormas NU maupun Muhammadiyah di Sampang.

"Kalau saudara kita yang di Sampang tetap menolak. Ya kami minta solusinya juga (ke mereka)," ucap Slamet.

3. Ingin beri tempat khusus

Resmi Dilantik, Bupati Sampang Ingin Pulangkan Pengungsi SyiahIDN Times/Reza Iqbal

Tak sekadar memulangkan, Slamet mengaku kini terus mengusahakan tempat khusus di sana agar tak lagi terjadi gesekan. Yang jelas dia ingin semua warganya tidak ada yang terdiskriminasi. "Harapan kami ke sana, tapi untuk rencana pemulangan mereka belum ada koordinasi, kami baru dilantik," pungkasnya.

Baca Juga: Ironi 17 Agustus di "Kampung Syiah", Bak Imigran di Negeri Sendiri

4. Terusir sejak 2012

Resmi Dilantik, Bupati Sampang Ingin Pulangkan Pengungsi SyiahIDN Times/Vanny El Rahman

Sejak 2012, para pengungsi Syiah Sampang memang menghuni rumah susun Jemundo Sidoarjo. Mereka diusir dari tanah kelahiran lantaran keyakinan yang mereka anut. Kepada IDN Times saat hari pencoblosan Pilkada beberapa waktu lalu, mereka mengatakan bahwa pemilihan pemimpin hanyalah formalitas. Mereka mengaku sudah lelah dengan janji para pemenang pemilu. Apalagi, saat Pilkada Jatim lalu, tak satupun calon yang mengunjungi mereka.

Baca Juga: Pengungsi Syiah, 6 Tahun Menggantung Asa

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya