Real Count SCG, Sejumlah Nama Artis Terancam Tak Lolos ke Senayan

Mulai dari Ahmad Dhani sampai Manohara lho!

Surabaya, IDN Times - Proses rekapitulasi hasil pemilihan anggota legislatif 2019 masih terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Akan tetapi, lembaga survei sudah mengeluarkan beberapa hasil hitungnya.

Satu di antaranya SCG Research and Consulting. Mereka merilis prediksi 10 kursi DPR RI untuk daerah pemilihan Jawa Timur I yang meliputi Surabaya dan Sidoarjo. Alhasil, beberapa kesimpulan pun dipaparkan. Seperti nama Ahmad Dhani Prasetyo yang disebut gagal ke Senayan.

1. PDIP dapat persentase tertinggi di Dapil Jatim 1

Real Count SCG, Sejumlah Nama Artis Terancam Tak Lolos ke SenayanIDN Times/Ardiansyah Fajar

Berdasarkan data yang diterima IDN Times dari SCG Research an Consuling, PDI Perjuangan memperoleh suara tertinggi dengan 24,92 persen di Dapil Jatim I; disusul PKB 16,60 persen; Gerindra 12,6 persen; Golkar 10,68 persen; PAN 6,26 persen; PKS 6,2 persen; Demokrat 4,5 persen; PSI 4,45 persen dan Nasdem 4,23 persen.

Di papan tengah ada PPP 3,65 persen; Perindo 2,99 persen dan berada pada papan bawah adalah Berkarya 1,09 persen; PBB 0,65 persen; Hanura 0,64 persen; Garuda 0,37 persen; dan PKPI 0,15 persen

Perolehan itu berdasarkan data real count TPS yang direkapituliasi oleh Tim SCG dari Kelurahan/Desa dan Kecamatan di Surabaya dan Sidoarjo yang telah mencapai 87 persen input TPS pada 2 Mei 2019.

Baca Juga: Cak Ipin: Millennials Tak Perlu Khawatir Modal dalam Berpolitik

2. PDIP diprediksi 3 kursi, PKB 2 kursi dan lainnya 1 kursi saling berebut

Real Count SCG, Sejumlah Nama Artis Terancam Tak Lolos ke SenayanIDN Times/Reza Iqbal

Perolehan suara partai dalam Pemilu 2019 kali ini relatif tak berbeda jauh dari Pemilu 2014. Meski begitu, SCG memprediksi, nama-nama incumbent dengan kekuatan mengakar masih cukup merajai.

"Berdasarkan konversi kursi dengan metode Sainte Lague, tiga kursi DPR RI diperkirakan menjadi milik PDI Perjuangan, dua kursi untuk PKB, dan masing-masing satu kursi untuk Gerindra, Golkar, PAN, PKS, serta satu lagi masih terbuka diperebutkan Demokrat dan NasDem,” ujar Direktur SCG, Didik Prasetyono.

Berikut adalah urutan perolehan kursi DPR RI dari Dapil Jatim I berdasarkan konversi suara dengan metode Sainte Lague:

- Kursi ke-1 : PDIP (Puti Guntur Soekarno)
- Kursi ke 2 : PKB (Syaikhul Islam)
- Kursi ke-3 : Gerindra (Rahmat Muhajirin/Bambang Haryo)
- Kursi ke 4: Golkar (Adies Kadir)
- Kursi ke-5: PDIP (Bambang DH)
- Kursi ke-6: PAN (Sungkono/Sunartoyo)
- Kursi ke-7: PKS (Sigit Sosiantomo)
- Kursi ke-8: PKB (Arzeti Bilbina/Fandi Utomo)
- Kursi ke-9: PDIP (Indah Kurniawati)
- Kursi ke-10 akan diperebutkan diantara Partai Demokrat dan Partai Nasdem.

3. Sejumlah nama artis terancam tak dapat kursi di Dapil Jatim 1

Real Count SCG, Sejumlah Nama Artis Terancam Tak Lolos ke SenayanDok IDN Times/Istimewa

Perolehan Ahmad Dhani, lanjut Didik, berada di kisaran 35 ribu suara, jauh di bawah Rahmat Muhajirin dan Bambang Haryo yang memperoleh suara coblos nama di atas 50 ribu suara. Sedangkan Partai Gerindra hanya akan mendapat 1 kursi.

"Jadi satu kursi milik Gerindra diperebutkan Rahmat Muhajirin dan Bambang Haryo. Selisih suara keduanya masih cukup tipis,” kata Didik.

Selain Dhani, sejumlah caleg artis yang diprediksi gagal adalah Andre Hehanussa, Manohara Odelia, dan Sundari Soekotjo. Adapun terhadap kursi PAN masih diperebutkan oleh Sungkono dan Sunartoyo. Demikian pula kursi ke-2 PKB masih diperebutkan oleh Arzeti Bilbina dan Fandi Utomo.

4. Kursi ke-10 masih diperebutkan oleh Demokrat dan NasDem

Real Count SCG, Sejumlah Nama Artis Terancam Tak Lolos ke SenayanIDN Times/Fajar Ardiansyah

Didik menambahkan, kursi terakhir Dapil Jatim I atau kursi ke-10, Partai Demokrat dan Nasdem masih berebut hingga final penetapan KPU Jatim pada pertengahan Mei ini.

”Peta Politik berdasar perolehan kursi di DPR RI Dapil Jatim I tidak banyak pergeseran. Hal ini terlihat dari hampir semua kandidat terpilih adalah legislator incumbent," tandas Didik.

Baca Juga: Banyak Petugas PPK Sakit, Rekapitulasi Suara di Surabaya Terlambat

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya