Ramadan hingga Lebaran, Jatim Alami Siklon Herman dan Pancaroba

Dampaknya apa ya?

Surabaya, IDN Times - Siklon Tropis Herman sedang melanda kawasan Jawa Timur (Jatim). Prediski Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), siklon ini terjadi hingga 4 April mendatang. Adapun akibat dari siklon ini berupa hujan dengan intensitas tinggi disertai petir dan angin kencang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim telah menerima pemberitahuan mengenai Siklon Tropis Herman dari BMKG. Kini, BPBD Jatim terus siaga untuk menanggulangi adanya potensi bencana di sejumlah daerah.

"Adanya Siklon Herman akan berdampak pada cuaca (ekstrem) di Jawa Timur. Ada potensi ancaman bencana, itu yang akan kami antisipasi," ujar Kepala BPBD Jatim, Gatot Soebroto dikonfirmasi, Minggu (2/4/2023).

Ada sejumlah wilayah, kata Gatot, yang mendapatkan atensi khusus mengenai dampak dari Siklon Tropis Herman ini. Seperti halnya wilayah rawan longsor di kawasan selatan Jatim, mulai dari Pacitan dan sekitarnya. Kemudian wilayah rawan banjir di kawasan Pantura dan Madura. Hingga wilayah perkotaan di Surabaya yang rawan adanya pohon tumbang.

"Ada wilayah yang kita perhatikan adanya potensi (bencana) itu," kata dia.

Terkait lamanya Siklon Tropis Herman yang melanda Jatim, Gatot belum bisa memastikannya. Yang jelas, pihaknya mendapatkan pemberitahuan dari BMKG bahwa tiga hari ke depan, yaitu hingga 4 April ada peringatan dini berupa hujan lebat. Sementara untuk potensi terjadi hujan dan bencana hidrometorologi diprediksi sampai lebaran Idul Fitri.

"Kalau hidrometeorologi hujan, ada kemungkinan sedikit (sampai lebaran)," tegas dia.

Potensi itu merujuk pada siklus perubahan musim yang akan terjadi di Indonesia khususnya Jatim. Gatot bilang, selain Siklon Tropis Herman, saat ini juga sedang terjadi pancaroba atau perubahan musim dari musim hujan ke kemarau. 

"Bulan April ada pergeseran ke musim panas (kemarau)," pungkas dia.

Baca Juga: BMKG: Siklon Herman Berpotensi Sebabkan Cuaca Ekstrem di DIY

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya