Proyek JLS Dapat Dana IDB, Segera Dilanjutkan

Memanjang dari Pacitan ke Banyuwangi

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) nampaknya serius untuk mengembangkan kawasan Selatan. Wakil gubernur (Wagub), Emil Elistianto Dardak pun memastikan pembangunan Jalur Lingkar Selatan (JLS) segera dilanjutkan.

1. Dapat suntikan dana dari IDB

Proyek JLS Dapat Dana IDB, Segera DilanjutkanIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Keberlanjutan pembangunan ini bukan tanpa alasan. Karena ternyata Pemprov Jatim mendapat suntikan dana segar dari Islamic Development Bank (IDB). Namun, dan tersebut belum penuh. "Kita segera memetakan bersama Kementerian PUPR dan Bappenas apakah ada segmen tertentu yang desain teknis belum final," ujar Emil ditemui di Gedung Negara Grahadi, Senin (18/2).

2. Sebesar Rp700 miliar

Proyek JLS Dapat Dana IDB, Segera DilanjutkanIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Suntikan dana dari IDB ini terbilang cukup besar. Emil menyebut IDB menggelontorkan Rp700 miliar untuk melanjutkan proyek JLS. "Untuk mengadaan dan membebaskan lahan harus final rutenya. Lah kalau rutenya sendiri kita belum yakin, rute ini paling murah tidak sih, atau biaya untuk mapras (mengepras) tebing besar apa tidak itu harus diselesaikan dulu," jelasnya.

Karena kalau tidak, lanjut Emil, tak bisa menentukan biaya sebenarnya yang harus dikeluarkan untuk pembiayaan JLS. "Di tempat kami diestimasi Rp400 milliar bisa nyambung dari Munjungan, Trenggalek sampai Tulungagung ternyata dari Munjungan ke Prigi hampir Rp2 trilliun," jelasnya.

3. Rute JLS dari Pacitan ke Banyuwangi

Proyek JLS Dapat Dana IDB, Segera DilanjutkanIDN Times/Fitria Madia

 

Emil juga memastikan, rute JLS mulai dari Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kediri, Blitar, Malang, Lumajang, Jember hingga Banyuwangi. Semua jalan tersebut nantinya lewat kawasan pesisir. "Yang sudah dari Tulungagung ke Trenggalek," kata mantan Bupati Trenggalek ini.

4. JLS bisa oangkas kesenjangan ekonomi Jatim

Proyek JLS Dapat Dana IDB, Segera DilanjutkanInstagram/emildardak

 

Turunnya dana IDB ini tentunya menjadi angin segar pemprov dalam melanjutkan JLS. Pasalnya, dari informasi yang didapat proyek yang diklaim akan mampu mengentas kesenjangan di wilayah Selatan Jatim sempat tersendat pendanaannya. Bahkan JLS tidak masuk dalam proyek stratgeis nasional. Ini berarti tidak ada bantuan dana dari pemerintah pusat.

Baca Juga: Malu-Malu, Emil Dardak Minta Khofifah Doakan Ruang Kerjanya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya