Polisi Buru Terduga Pelaku Kasus Prostitusi Duta Pariwisata ke Jakarta

Satu jaringan dengan tersangka JL

Surabaya, IDN Times - Tersangka kasus prostitusi yang melibatkan finalis duta pariwisata nasional, PA (23), berpotensi bertambah. Usai menetapkan JL (51) sebagai tersangka, polisi kini memburu pelaku lainnya.

1. Masih buru pelaku lain ke Jakarta

Polisi Buru Terduga Pelaku Kasus Prostitusi Duta Pariwisata ke JakartaPA (tengah) memberikan keterangan kepada wartawan usai diperiksa Ditreskrimum Polda Jatim, Minggu dini hari (27/10). IDN Times/Istimewa

Dirreskrimum Polda Jatim Kombes Pol Gideon Arif menegaskan bahwa pihaknya sedang memburu pelaku lain. Hal itu didapat setelah polisi memeriksa tersangka JL dan saksi korban PA.

"Masih ada di Jakarta, tim juga masih bergerak. Kemudian pengembangannya nanti kami lihat besok (Senin)," ujarnya, Minggu (27/10).

2. Hanya temukan barang bukti HP

Polisi Buru Terduga Pelaku Kasus Prostitusi Duta Pariwisata ke JakartaPA (kiri) dikawal salah seorang penyidik usai menjalani pemeriksaan di Ditreskrimum Polda Jatim, Minggu (27/10). IDN Times/Istimewa

Ketika di Jakarta, lanjut Gideon, polisi sebenarnya sudah berusaha menangkap terduga pelaku jaringan prostitusi. Akan tetapi, target operasi melarikan diri terlebih dahulu. Polisi pun baru menemukan satu barang bukti.

"Dari tempat Jakarta yang sudah kami lakukan penggeledahan, kami hanya dapatkan handphone-nya. Yang bersangkutan (terduga pelaku) lari," jelasnya.

Baca Juga: Ditetapkan sebagai Tersangka, Muncikari PA Juga Konsumsi Ekstrak Ganja

3. Jaringan teroganisir

Polisi Buru Terduga Pelaku Kasus Prostitusi Duta Pariwisata ke JakartaSalah seorang yang ditangkap Polda Jatim terkait dugaan praktik prostitusi. IDN Times/Fitria Madia.

Alasan polisi melakukan pengejaran terhadap terduga pelaku hingga ke Jakarta, Gideon mengatakan kalau mereka ialah jaringan yang teroganisir. Untuk mengungkap tuntas, maka polisi perlu menangkap dan menyidiknya lebih lanjut.

"Bagian yang terorganisir, bagiannya cukup panjang, berorganisir dengan si J (JL, Red)," kata mantan Dirreskrimsus Polda Riau tersebut.

4. Dalami keterangan pengguna prostitusi

Polisi Buru Terduga Pelaku Kasus Prostitusi Duta Pariwisata ke JakartaSalah seorang terduga pelaku prostitusi yang ditangkap Polda Jatim. IDN Times/Fitria Madia.

Selain masih mengejar terduga pelaku lain, polisi masih mendalami keterangan pengguna OC alias YW. Ia berstatus saksi. Sementara saksi korban PA sudah diizinkan pulang oleh polisi.

"Diperiksa semua, semua yang ada di TKP (JL, PA, OC alias YW, Red), kami periksa semua, mana tersangka, mana saksi, mana untuk kepentingan penyidikan itu masih baru 1x24 jam," kata perwira polisi dengan tiga melati di pundak itu.

Seperti diberitakan IDN Times sebelumnya, polisi menangkap tiga orang dari sebuah hotel di Kota Batu, Jumat malam (25/10). Mereka adalah PA dan OC yang ditemukan dalam sebuah kamar usai berhubungan badan.

Sedangkan JL, yang merupakan muncikari PA, ditemukan di kamar lainnya. Ketiganya dibawa ke Mapolda Jatim malam itu juga. Dalam kasus ini, PA berstatus sebagai saksi korban.

Baca Juga: Tuntas Jalani Pemeriksaan di Mapolda Jatim, PA: Saya Mohon Maaf

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya