Polda Sediakan 9 Posko Vaksinasi di Perbatasan Jatim

Buat apa ndan?

Surabaya, IDN Times - Pemerintah mengimbau pemudik lebaran Idul Fitri tahun ini untuk vaksin COVID-19 dosis ketiga alias booster sebelum pulang ke kampung halamannya. Nah, bagi masyarakat yang belum booster, nantinya bisa mampir booster di posko yang disediakan Polda Jawa Timur.

1. Ada 9 posko vaksinasi di perbatasan provinsi

Polda Sediakan 9 Posko Vaksinasi di Perbatasan Jatimilustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta mengatakan, ada sembilan titik posko vaksinasi yang disediakan Polda Jatim. Posko-posko ini ditempatkan di perbatasan provinsi. "Kalau nanti di perjalanan belum di booster, nanti di pos pelayanan akan disiapkan," ujarnya saat Rakor Ops Ketupat Semeru 2022, di Vaza Hotel Surabaya.

"Ada di beberapa titik yang jelas ada 9 titik perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, itu nanti diupayakan sudah ada di setiap titik, kemudian nanti di Banyuwangi Jawa Timur dengan Bali itu juga nanti kami siapkan," dia menambahkan.

2. Petugas vaksinasinya dari polisi, TNI dan Dinkes

Polda Sediakan 9 Posko Vaksinasi di Perbatasan Jatimilustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Jenderal dua bintang ini menambahkan, nantinya petugas booster tak hanya dari kalangan kesehatan kepolisian saja. Pihaknya juga menggandeng TNI maupun dinas kesehatan. "Mudik syaratnya harus booster, kalau belum booster, ya nanti di booster oleh petugas di lapangan ada TNI-Polri maupun dinas kesehatan," katanya.

"Sehingga intinya lintas provinsi itu sudah pasti ada titik untuk melakukan pos pelayanan Booster," imbuh Nico.

Baca Juga: Kapolda Jatim Dijabat Irjen Nico Afinta, Mantan Kapolda Kalsel

3. Sarankan vaksinasi booster di faskes terdekat sebelum mudik

Polda Sediakan 9 Posko Vaksinasi di Perbatasan JatimIlustrasi Moda Transportasi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Kendati ada posko, Nico berharap warga yang akan mudik melakukan vaksinasi booster di fasilitas kesehatan (faskes) setempat. Sebab, ketersediaan vaksin di puskesmas dan faskes kabupaten/kota masih melimpah. "Harapan kami sebelum melaksanakan mudik Booster dulu," katanya.

Selain itu, Kapolda Jatim juga menyampaikan, untuk masyarakat agar menginstal aplikasi pedulilindungi, karena aplikasi tersebut akan memudahkan masyarakat dalam perjalanan maupun berkunjung di tempat-tempat wisata.

Baca Juga: Catat! Daftar Masjid di Surabaya yang Sediakan Vaksinasi Booster 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya