PMI dari Malaysia yang Mudik ke Jatim Juga Diawasi Ketat 

Mengantisipasi COVID-19 varian baru

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) tidak hanya mewaspadai Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang mudik dari India saja. Tapi juga mengawasi dan menerapkan prosedur ketat bagi semua PMI. Alasannya, COVID-19 varian baru yang lebih ganas sudah mulai merebak ke beberapa negara.

1. PMI dari daerah COVID-19 tipe baru dapat pengawasan ketat

PMI dari Malaysia yang Mudik ke Jatim Juga Diawasi Ketat Petugas kesehatan memakai alat pelindung diri (APD) saat melakukan uji usap pada pekerja konstruksi untuk uji antigen cepat di lokasi konstruksi, ditengah wabah penyakit virus corona (COVID-19), di Ahmedabad, India, Rabu (9/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Amit Dave)

Informasi masuknya COVID-19 varian baru di beberapa negara dibeberkan oleh Kepala Dinas Ketagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim, Himawan Estu Bagijo. Usai dirinya rapat koordinasi penanganan PMI yang mudik bersama Pangdam V/Brawijaya, Kapolda Jatim hingga Pakar Biomolekular Universitas Airlangga, Prof Ni Nyoman Tri Puspaningsih.

"Kategori yang bahaya, PMI di daerah-daerah ada (virus) tipe baru yang dibilang Prof Nyoman yang dari India. Itu lebih berbahaya," ujarnya, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga: Mutasi Corona B117 Masuk Jateng, TKI Brebes Positif, 8 Orang Isolasi

2. Sebut negara pesemakmuran sudah ada COVID-19 varian India

PMI dari Malaysia yang Mudik ke Jatim Juga Diawasi Ketat Ilustrasi personel Satgas Mobile COVID-19 memeriksa kondisi pasien diduga terjangkit virus Corona (COVID-19) di ruang isolasi Rumah Sakit Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (11/3). ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Nah, untuk tahun ini Disnakertrans memprediksi ada 14 ribu lebih PMI yang mudik ke Jatim. Dari jumlah itu, paling banyak dari Malaysia dan Singapura. Meski dua negara tersebut tetangga dekat dengan Indonesia, namun prosedurnya juga diperketat untuk antisipasi COVID-19 varian baru.

"Karena hampir semua negara pesemakmuran terkena virus yang dari India. Termasuk Australia, orang India kan perjalanannya ke mana-mana terutama ke negara-negara pesemakmuran" terang Himawan.

3. Salah satu yang diawasi ketat dari Malaysia

PMI dari Malaysia yang Mudik ke Jatim Juga Diawasi Ketat fin.co.id

Mengenai penanganan khusus untuk PMI dari Malaysia, Himawan memastikannya ada. Pihaknya tidak ingin kecolongon virus SARS CoV-2 varian baru sampai masuk ke Jatim. Nantinya akan terus dikoordinasikan dengan satgas yang telah dibentuk. Gubernur Khofifah menunjuk ketuanya yakni Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto.

"Pasti, kita tidak mau kecolongan juga di Jatim," pungkasnya.

Baca Juga: 14 Ribu PMI Diprediksi Mudik ke Jatim, Berikut Prosedurnya!

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya