Pilwali Surabaya, Satu Pasangan Independen Lolos Verifikasi Tahap I

Masih ada beberapa verifikasi lagi

Surabaya, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya telah merampungkan pengecekan berkas dua pasangan bakal calon wali dan wakil wali kota Surabaya, Rabu (26/2). Hasilnya, satu pasangan bakal calon, yaitu M.Yasin-Gunawan dinyatakan lengkap dalam tahap pemberkasan.

1. M. Sholeh-Taufik Hidayat tak memenuhi syarat

Pilwali Surabaya, Satu Pasangan Independen Lolos Verifikasi Tahap IDari kiri: M. Sholeh dan Taufik Monyong saat mendaftar ke KPU Surabaya, Minggu (23/2). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Pasangan yang diloloskan syarat minimal dukungan dan sebaran oleh KPU Surabaya ialah M. Yasin-Gunawan. Sementara pasangan M. Sholeh-Taufik Hidayat dinyatakan tidak memenuhi syarat minimal independen atau perseorangan.

"Berdasarkan pleno tadi malam (26/2), kami juga telah melakukan perhitungan faktual yang lolos untuk masuk ke tahapan berikutnya adalah satu bakal pasangan calon yaitu Yasin dan Gunawan," ujar Komisioner KPU Surabaya, Nafilah Swarist, Kamis (27/2).

2. Yasin-Gunawan miliki 139.758 bukti dukungan

Pilwali Surabaya, Satu Pasangan Independen Lolos Verifikasi Tahap IYasin-Gunawan saat mendaftar ke KPU Surabaya, Minggu (23/2). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Adapun M. Yasin-Gunawan dinyatakan lolos tahap awal bakal calon independen karena menyerahkan 140.934 berkas bukti dukungan. Hanya 755 berkas yang tidak lengkap dan 139.758 dokumen lainnya lengkap. Jumlah ini memenuhi syarat jumlah dukungan minimal yaitu 138.565.

Sedangkan M. Sholeh-Taufik tercatat menyerahkan140.384 berkas dukungan. Tapi hanya 86.404 yang dinyatakan lengkap. Sedangkan 53.980 lainnya tidak lengkap.

3. Masih ada verifikasi administrasi dan kegandaan dokumen

Pilwali Surabaya, Satu Pasangan Independen Lolos Verifikasi Tahap IYazin-Gunawan saat mendaftar ke KPU Surabaya, Minggu (23/2). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Namun, langkah Yasin-Gunawan masih panjang. KPU Surabaya masih akan melanjutkan verifikasi berkas yang dimulai hari ini (27/2) sampai 25 Februari mendatang.

"Kita akan melanjutkan dengan melakukan verifikasi administrasi dan kegandaan dokumen dukungan. Setelah itu kita akan melakukan verifikasi faktual setelah PPS terbentuk," terang Nafilah.

4. Gunawan fokus ke tahap selanjutnya

Pilwali Surabaya, Satu Pasangan Independen Lolos Verifikasi Tahap IIlustrasi Pilwali Surabaya. IDN Times/Sukma Shakti

Sementara itu, Gunawan mengaku telah mendapat berita acara dari KPU Surabaya pada Kamis (27/2) dini hari. Isinya bahwa dia dan Yasin lolos ke tahap berikutnya.

"Iya (memenuhi syarat), saya sudah menerima berita acaranya dini hari dari KPU Surabaya," katanya.

"Ke depan kita harus fokus ke tahapan selanjutnya," pungkas Gunawan.

Baca Juga: Yasin-Gunawan Lengkapi Silon Pilwali Surabaya Jalur Independen

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya