Penyelundupan 38 Ribu Benih Lobster Lewat Bandara Juanda Digagalkan

Hendak diterbangkan ke Batam

Sidoarjo, IDN Times - Sebanyak 39 kantong berisi total 38.252 benih lobster senilai Rp3,8 miliar akan diselundupkan dari Jawa Timur (Jatim). Namun aksi itu digagalkan tim pengamanan Bandara Juanda yakni aviation security dan Satgaspam TNI AL. Rencananya, bibit lobster akan diterbangkan menggunakan pesawat Lion Air JT-971 dari Bandara Juanda menuju Bandara Hang Nadim, Batam.

1. Bermula dari kecurigaan petugas

Penyelundupan 38 Ribu Benih Lobster Lewat Bandara Juanda DigagalkanPetugas mengamankan pelaku penyelundupan benih lobster via Bandara Juanda. IDN Times/Dok. Istimewa

Pengungkapan kasus bermula ketika pria asal Banyuwangi yang tidak disebutkan namanya masuk ke area lobi bandara dan melakukan verifikasi dokumen penerbangan pukul 05.58 WIB. Saat pelaku dan koper berwarna silver melewati area pemeriksaan keamanan pukul 06.06 WIB, tim aviation security mendapati citra X-Ray yang mencurigakan pada isi koper.

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Heru Prasetyo mengatakan, petugas akhirnya memeriksa koper dan mendapati benih lobster dibungkus pakaian bekas tanpa adanya surat resmi.

"Tanpa disertai surat-surat resmi dari BKIPM,” ujarnya dalam rilis resmi, Selasa (18/8/2020).

2. Pelaku diserahkan ke BKIPM

Penyelundupan 38 Ribu Benih Lobster Lewat Bandara Juanda DigagalkanIlustrasi Lobster (IDN Times/Vanny El Rahman)

Sementara itu, Kasi Pengawasan Pengendalian dan Informasi Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Surabaya I Sarwan mengatakan, pelaku telah diserahkan kepada Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) BKIPM Surabaya I untuk dilakukan pemeriksaan.

"Pelaku akan diproses sesuai ketentuan Perundang-undangan yang berlaku, sementara untuk benih lobster yang digagalkan akan segera diserahkan kepada Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) untuk selanjutnya dilakukan pelepas liaran di daerah konservasi habitat hidup lobster yang berada di daerah Gili Ketapang, Probolinggo," kata dia.

Baca Juga: Selundupkan Benih Lobster ke Vietnam, Residivis Trenggalek Dibekuk

3. Upaya penyelundupan kedua yang digagalkan di Bandara Juanda

Penyelundupan 38 Ribu Benih Lobster Lewat Bandara Juanda DigagalkanSuasana di terminal 2 Bandara Juanda, Surabaya Senin (2/3). IDN Times/Tarida Alif

Penggagalan penyelundupan benih lobster melalui jalur udara di Bandara Juanda merupakan yang kedua kali pada tahun 2020. Sebelumnya, pada bulan Juli, tim pengamanan Bandara Juanda juga menggagalkan penyelundupan. Bahkan jumlahnya lebih banyak, yakni 32 kantong plastik berisi 3.915 benih lobster.

Baca Juga: Kisruh Izin Ekspor Benih Lobster, Ngabalin Minta Susi Tak Ikut Campur

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya