Comscore Tracker

Penumpang di Bandara Juanda Mulai Meningkat 

Puncaknya diprediksi 30 April 2022

Sidoarjo, IDN Times - General Manager Bandara Juanda, Sisyani Jaffar menyebut, jumlah rata-rata penumpang harian di Bandara Juanda mulai menunjukkan peningkatan sejak minggu ketiga April. Diakuinya, kenaikan berkisar hingga 28 persen.

"Secara umum memang di awal Ramadan trafik cenderung turun, terlihat mulai meningkat memasuki minggu ketiga dan kemungkinan masih akan tumbuh hingga mendekati Hari H libur lebaran," ujarnya tertulis, Selasa (26/4/2022).

1. Rata-rata penumpang mulai meningkat pada akhir April

Penumpang di Bandara Juanda Mulai Meningkat Ilustrasi warga negara asing menjadi penumpang pesawat terbang di bandara. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Secara rinci, Sisyani mengatakan, pekan pertama hingga kedua rata-rata penumpang harian adalah sejumlah 21 ribu lalu pada pekan ketiga rata-rata 23 ribu. Saat ini, lanjut dia, pada pekan keempat yang sudah berjalan rata-rata penumpang harian sejumlah 27 ribu.

Terkait prediksi kenaikan jumlah penumpang, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu maka kenaikan diperkirakan akan terjadi dengan pertumbuhan yang signifikan. Menurut Sisyani, dikarenakan adanya pembatasan perjalanan orang pada periode Hari Raya Idul Fitri tahun lalu. Sementara untuk tahun ini, mudik boleh dilaksanakan.

"Total penumpang yang kami layani selama periode Posko tahun lalu adalah sejumlah 151 ribu penumpang dan tahun ini kami prediksi melayani hingga 500 ribu penumpang selama periode Posko," kata dia.

Baca Juga: Penumpang Internasional via Bandara Juanda Meningkat

2. Perkiraan puncak arus mudik 30 April, arus balik 7 Mei

Penumpang di Bandara Juanda Mulai Meningkat Petugas melakukan pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) saat penumpang pesawat tiba di terminal 2 Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur, Rabu (22/1/2020). Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas 1 Surabaya wilayah kerja bandara Juanda meningkatkan kewaspadaan dengan memasang alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) untuk mengantisipasi masuknya virus corona yang berasal dari negara China ke wilayah Indonesia. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/hp.

Sisyani melanjutkan, perkiraan puncak arus mudik akan terjadi pada Sabtu (30/4/2022). Diprediksi ada sejumlah 37 ribu penumpang, lalu puncak kedua pada arus balik akan terjadi pada Sabtu (7/5/2022), diperkirakan ada sejumlah 39 ribu penumpang. Jika dibandingkan dengan hari normal, rata-rata per hari sebanyak 22 ribu penumpang.

"Sehingga jika puncak arus mudik dan balik terjadi sesuai prediksi maka trafik akan tumbuh sebesar 70 persen di hari tersebut," ucap dia.

3. Lakukan serangkaian kesiapan berupa operasional hingga posko lebaran

Penumpang di Bandara Juanda Mulai Meningkat Penumpang di Bandara Juanda. Dok. Humas Bandara Juanda.

Melihat peningkatan dan prediksi tersebut, Sisyani sebagai pengelola bandara telah melakukan serangkaian kesiapan. Yakni, penyesuaian jam operasional bandara menjadi pukul 05.00 WIB - 22.00 WIB dari sebelumnya pukul 05.00 WIB - 20.00 WIB.

"Langkah antisipasi yg lain adalah menambah Notice of Airport Capacity (NAC) yakni kemampuan atau kapasitas bandara melayani penerbangan per jamnya menjadi 30 pergerakan pesawat per jam dari sebelumnya 26 pergerakan per jam," ungkapnya.

Selain itu dari aspek keamanan pihak bandara memberlakukan pemeriksaan keamanan secara terpusat atau Centralized Screening Check Point yang bertujuan agar pengawasan pemeriksaan keamanan dapat lebih optimal.

Ditambah lagi, posko lebaran di Bandara Juanda juga sudah dioperasionalkan sejak Senin (25/4/2022). Posko akan berfungsi sebagai pusat informasi dan data sekaligus area pelayanan penumpang. Posko akan berlangsung selama 16 hari sejak 25 April -10 Mei 2022.

Baca Juga: Lebaran, Penumpang Bandara Juanda Diprediksi Meningkat 232 Persen

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya