Pendaftaran Pilkada 2020 Dibuka, PDIP Jatim Mulai Jaring Calon

Ada syarat IPK minimal gak kira-kira?

Surabaya, IDN Times - Pemilihan Kepala Daerah 2020 semakin dekat. Mesin partai politik (parpol) pun mulai dipanasi, salah satunya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Partai berlambang kepala banteng ini membuka pendaftaran untuk bakal calon kepala daerah.

Baca Juga: [WAWANCARA KHUSUS] Tina Toon Buka-bukaan Soal Megawati dan PDIP

1. Pendaftaran tingkat DPC sudah dibuka

Pendaftaran Pilkada 2020 Dibuka, PDIP Jatim Mulai Jaring CalonIDN Times/Handoko

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDIP Jatim, Deni Wicaksono mengatakan, parpolnya sudah membuka pendaftaran untuk bakal calon kepala daerah mulai hari ini (5/9). Pembukaan ini akan berlangsung selama sembilan hari saja.

"Jadi masing-masing DPC yang menyelenggarakan Pilkada membuka pendaftaran pada tanggal 5 sampai 14 September 2019. Itu termasuk waktu pengembalian berkas," ujarnya, Kamis (5/9).

2. Ada tiga tahap pendaftaran dan gratis

Pendaftaran Pilkada 2020 Dibuka, PDIP Jatim Mulai Jaring CalonIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

 

Deni menambahkan, bakal calon kepala daerah yang mendaftar, nantinya harus menempuh tiga jalur. Yakni mulai dari DPC, DPD dan DPP PDIP. "Terbuka untuk Internal dan umum, siapapun yang berniat untuk mencalonkan diri boleh mendaftar," katanya.

Deni melanjutkan, dalam proses pendaftaran hingga pengembalian berkas, para bakal calon kepala daerah tidak dipungut biaya sepeserpun. "Semuanya gratis mulai dari mengambil hingga pengembalian berkas tidak dipungut biaya," lanjutnya.

3. Pendaftaran dilakukan di kantor DPC, DPD dan DPP PDIP

Pendaftaran Pilkada 2020 Dibuka, PDIP Jatim Mulai Jaring CalonIDN Times/Daruwaskita

 

Terkait administrasi, lanjut Deni, para pendaftar hanya tinggal datang ke Kantor DPC, DPD, atau DPP PDIP. Di tempat pendaftaran panitia sudah menyiapkan form.

"Tinggal mengambil berkas dan mengisi kelengkapan yang diberikan ketika pendaftaran itu dan dikembalikan ke PDIP," jelasnya.

4. Ada 19 daerah di Jatim yang gelar Pilkada serentak 2020

Pendaftaran Pilkada 2020 Dibuka, PDIP Jatim Mulai Jaring CalonIDN Times/Maulana

 

Di Jawa Timur sendiri sebanyak 19 daerah akan menyelenggarakan Pilkada serentak tahun 2020, diantaranya; Sumenep, Trenggalek, Surabaya, Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Malang, Ngawi, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan, Tuban, Lamongan, Ponorogo, Pacitan, Sidoarjo, Jember, Situbondo, Gresik dan Kabupaten Kediri.

Baca Juga: Ahok Akan Bantu Fraksi PDIP di DPRD DKI Jakarta Habis-habisan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya