Pemprov Jatim Segera Bangun Jalan Tol Subakri dan Probolajang

Proyek akan didanai swasta

Surabaya, IDN Times - Tekad pemerintah untuk mewujudkan infrastruktur yang terintegrasi semakin nampak. Kali ini giliran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) yang menggandeng swasta untuk membangun jalan tol baru. Tak tanggung-tanggung, nantinya Pemprov Jatim akan membangun dua jalan tol sekaligus.

Baca Juga: Pembangunan Jalan Tol Disindir, Ini Jawaban Presiden Jokowi

1. Dua tol dibangun dengan investor dari swasta

Pemprov Jatim Segera Bangun Jalan Tol Subakri dan ProbolajangIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Jatim, Gatot Sulistyo Hadi, mengatakan pembangunan jalan tol baru di Jawa Timur akan diprakarsai swasta. Ia menyampaikan jika pembangunan itu bisa terwujud tahun ini.

"Saya mendapat pemberitahuan dari Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) bahwa rencana Tol Subakri (Sukerejo-Batu-Kediri) merupakan prakarsa dari PT Surya Majapahit Marga Wisata," ujar Gatot kepada IDN Times, Minggu (24/3).

2. APBD tak sanggup realisasikan Tol Subakri

Pemprov Jatim Segera Bangun Jalan Tol Subakri dan ProbolajangIDN Times/Arifin Al Alamudi

Gatot membeberkan, jika sebenarnya rencana awal pembangunan Tol Subakri ini menggunakan dana anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dari empat daerah.
Keempat daerah itu, yakni Pemprov Jawa Timur, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

Namun, rencana pembiayaan tol yang memiliki panjang mencapai 38 kilometer ini gagal. Alasannya, ketiga daerah keberatan jika harus membiayai seluruh pembangunannya, terutama masalah pembebasan lahan.

"Kurang lebih 92 persen lahan baru, ternyata membutuhkan Rp1,3 triliun. Itu tidak mungkin," kata Gatot.

3. PT Surga Majapahit setuju prakarsai Tol Subakri

Pemprov Jatim Segera Bangun Jalan Tol Subakri dan ProbolajangANTARA FOTO/Zabur Karuru

Oleh karena itu, Pemprov Jatim mengkaji ulang pembangunan tol itu. Hasilnya, karena anggaran yang dibutuhkan besar dan sulit dipenuhi oleh APBD, maka Pemprov Jatim membutuhkan bantuan investor untuk membangun tol itu.  

"Sekarang sudah dapat prakarsa dan sudah dapat persetujuan dari BPJT, tinggal melaksanakan aplikasi di lapangan," ungkap Gatot.

PT Surya Majapahit Marga Wisata disebut Gatot telah mengajukan prakarsa pembangunan tol yang pada akhirnya dilanjutkan hingga Kediri. Hanya saja, dia belum mendapat laporan soal kapan pembangunan sepanjang 110 kilometer itu akan dikerjakan.

"Masih menunggu dari BPJT," kata dia.

4. Tol Probolajang masih diajukan ke swasta

Pemprov Jatim Segera Bangun Jalan Tol Subakri dan ProbolajangANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Selain Tol Subakri, Pemprov Jatim juga tengah mengusulkan pembangunan Tol Probolinggo-Lumajang atau Probolajang. Jalan tol baru ini juga akan diajukan kepada pihak swasta untuk pembangunannya. 

Gatot menjelaskan jalan Tol Probolajang akan memiliki panjang 27 kilometer dengan pintu tol di Leces, Probolinggo, hingga Terminal Lumajang. Dia mengaku keberadaan Tol Probolajang nantinya akan sangat membantu mengurai kepadatan kendaraan di dua daerah itu, mengingat rata-rata harian kendaraan yang melintas sampai 28 ribu unit per hari.

"Mudah-mudahan bisa menyelesaikan kemacetan, kalau sudah selesai. Menurut Kemen PUPR itu harus dilakukan paling lambat tiga tahun bisa selesai pengerjaannya," pungkas Gatot.

Baca Juga: Lebih Besar dari Malang, Bandara Kediri Ditunjang Jalan Tol

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya