Pemprov Jatim Pastikan Bandara Kediri Segera Terealisasi

Akan dikebut 1,5 bulan

Surabaya, IDN Times - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim), Emil Elistianto Dardak segera mendorong pembangunan di kawasan Selatan atau mataraman. Salah satu yang didorong oleh Pemprov Jatim yakni terwujudnya Bandar Udara (Bandara) di Kediri.

1. Geliatkan perdagangan, pariwisata dan investasi

Pemprov Jatim Pastikan Bandara Kediri Segera TerealisasiIDN Times/Edwin Fajerial

Emil mengatakan bahwa Bandara di Kediri ini nantinya bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan mataraman Jatim. Karena akan membuat perdagangan, pariwisata, dan investasi (trade, tourism, dan investment) akan bergeliat.

"Akan sangat berat membawa turis apalagi imvesyasi kalau dianggap aksesnya terlalau jauh. Maka dari itu keberadaan bandara ini membuat akses lebih dekat baik ke Tulungagung, Kediri, Trenggalek, dan Blitar," jelas Emil.

2. Bandara jadi prasyarat

Pemprov Jatim Pastikan Bandara Kediri Segera TerealisasiIDN Times/Fitria Madia

 

Mantan Bupati Trenggalek menyebut, kehadiran bandara ialah prasyarat untuk menggeliatkan TTI (trade, tourism, investment) di kawasa Selatan. Dia menyebut, kawasan mataraman Jatim asa 13 kabupaten/kota dengan total penduduk lebih dari 10 juta jiwa.

"Maka kalau tidak punya bandara sama sekali, daerah ini tidak memiliki prasyarat untuk bisa menjadi destinasi wisata dan kegiatan investasi yang strategis," kata Emil.

3. Dikebut 1,5 bulan ini

Pemprov Jatim Pastikan Bandara Kediri Segera TerealisasiIDN Times/Vanny El Rahman

Emil menambahkan, pihaknya telah bertemu dengan Bupati Kediri, Haryanti Sutrisno untuk memastikan kelanjutan pembangunan bandara ini. Dia pun mendapat kepastian bahwa dalam 1,5 bulan ke depan akan digeber lagi.

"Salah satu ruang yang harus disupport (dukung) pemprov yaitu rencana tata ruang wilayah. Pastikan ada rencana untuk bandara ini," katanya.

4. Didanai oleh swasta

Pemprov Jatim Pastikan Bandara Kediri Segera TerealisasiIDN Times/ Ardiansyah Fajar

Terkait anggaran, lanjut Emil, pengerjaan bandara di Kediri akan didanai oleh pihak swasta. Mulai dari pembebasan lahan dan pembangunan semuanya akan dikelola swasta. "Biaya pemerintah hampir tidak ada," ucap pria yang juga suami Arumi Bachsin ini. Disinggung pendanaan dari PT Gudang Garam, Emil hanya tertawa.

Baca Juga: Nasi Goreng Kuah Kota Kediri, Cocok Disantap saat Musim Hujan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya