Pemprov Geram Nama Khofifah Dicatut 12 Rubicon yang Paksa Masuk Bromo

Mereka maksa masuk dengan dalih fashion show!

Surabaya, IDN Times -  Sebanyak 12 mobil Rubicon memaksa masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang berujung pada percekcokan antara petugas dan rombongan. Kejadian tersebut terjadi di kawasan Pakis Binjil, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Pasuruan pada Sabtu (19/11/2022).

Saat percekcokan terjadi, rangkaian Rubicon itu menyebut kedatangan mereka atas undangan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa. Mereka bilang akan ada acara berupa event fashion show pada 20 November 2022.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Jatim, Moh Ali Kuncoro menegaskan bahwa tidak ada acara fasihon show di TNBTS pada tanggal yang disebut rombongan Rubicon. Kepastian tidak adanya event ini didapat Ali setelah mengecek Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim.

"Terkait hal tersebut, kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, bahwa Tidak ada acara tanggal 20, apalagi sampai harus menerobos masuk. Memang rencana ada fashion show di Bromo tetapi dilaksanakannya tanggal 3 Desember 2022," ujarnya, Selasa (22/11/2022).

Ali menegaskan kalau Gubernur Khofifah tidak pernah membenarkan perilaku yang tidak mematuhi peraturan. "Kalaupun memang diundang, arahan dari  Ibu Gubernur untuk tetap taat peraturan," katanya.

"Kalau tidak boleh pakai mobil di lautan pasir, ya harus pakai jeep. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Jadi harus menghormati ketetapan sekitar selama itu memang benar," dia menegaskan.

Tak lupa, pemprov menyampaikan apresiasi kepada petugas yang telah dengan berani menghalangi rombongan. Baginya, hal tersebut harus terus dipertahankan.

"Dari petugas, Bu Gubernur sangat mengapresiasi tindakan ini.  Peraturan harus ditegakkan mari saling menghormati aturan yang berlaku. Terima kasih sekali atas semua ihtiar  menertibkan wilayah Jatim," ucap Ali.

"Beliau minta hal-hal seperti ini untuk ditindaklanjuti. Kita harus tegas, agar peraturan tidak mudah diremehkan," pungkasnya.

Baca Juga: Disandingkan dengan Khofifah, Eri Cahyadi: Saya Belum Berbuat Banyak

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya