Comscore Tracker

Pemkot Siapkan Rp400 Miliar, Geber Pengerjaan Rumah Pompa

Mereka mengantisipasi potensi musim hujan datang lebih cepat

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggeber pengerjaan saluran resapan air dan rumah pompa jelang musim penghujan. Total ada 55 titik saluran air yang sedang dikerjakan. Puluhan saluran air ini diharapkan dapat mengantisipasi banjir di Kota Pahlawan.

"Kalau Pak Eri bilang targetnya bulan November," ujar Kepala Bidang Drainase Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya Eko Yuli usai konferensi pers di Gedung Eks Humas Pemkot Surabaya, Kamis (22/9/2022).

1. Saat ini pengerjaan capai 60 persen

Pemkot Siapkan Rp400 Miliar, Geber Pengerjaan Rumah PompaIlustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Untuk saat ini, sambung Eko, proses pengerjaan saluran air sudah mencapai 60 persen. "Diiharapkan Desember bisa 100 persen tapi secara fungsi saluran harus bisa tercapai sebelum November sebelum musim hujan," kata Eko.

"Contohnya sudah dipasang boksnya tetapi pengaspalan belum dipasang. Tetapi sisi saluran sudah bisa berfungsi penanganan genangan. Bisa tercapai di November," Eko menegaskan.

2. Fokus kerjakan muaranya antisipasi hujan datang lebih awal

Pemkot Siapkan Rp400 Miliar, Geber Pengerjaan Rumah PompaIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Guna mengantisipasi musim penghujan datang lebih awal mendahului prediksi yakni sebelum bulan November, maka dari itu Pemkot Surabaya mengerjakan proyek saluran ini dari muaranya. "Ketika itu hujan harus dipaksakan saluran sistem drainase berfungsi kita harapkan di muara sudah clear dulu," kata Eko

"Muara kan tempat pembuangan, percuma kalau kita kerjakan baik di hulunya tapi tidak bisa membuang di muaranya juga percuma. Mangkanya kita dimulai dari hilir di muaranya dulu," dia melanjutkan.

Baca Juga: Busa Limbah Domestik di Rumah Pompa Kalidami, Ikan Aman?

3. Tak hanya saluran resapan, juga kerjakan 6 rumah pompa

Pemkot Siapkan Rp400 Miliar, Geber Pengerjaan Rumah PompaUji coba rumah pompa pengendali banjir di Muara Sungai Sekip Bendung 13 Ilir Palembang. IDN Times/Feny Maulia Agustin

55 titik saluran air baru ini, nantinya ditargetkan dapat mengurangi 90 persen banjir di Kota Surabaya. Selain saluran resapan air, pemkot juga mengerjakan enam rumah pompa. Antara lain di kawasan Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, SWK Karah, Gunungsari, Sawunggaling, Gadukan dan kali dami.

"Total anggaran drainase Rp400 miliar masuk dengan jalan. Drainese bukan hanya membangun tapi pemeliharaan," pungkas Eko.

Baca Juga: Rumah Pompa Kalidami Berbusa, Ecoton: Waktunya Kurangi Surfactant

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya