Pemindahan Ibu Kota Dorong Jatim Fair Jadi Terbesar di Indonesia Timur

Ditargetkan nilai transaksi tembus Rp100 miliar

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa optimis acara tahunan Jatim Fair akan menjadi terbesar di kawasan Indonesia Timur. Hal itu terkait adanya keputusan pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

1. Karena semua sudah terkoneksi

Pemindahan Ibu Kota Dorong Jatim Fair Jadi Terbesar di Indonesia TimurIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Khofifah mengatakan, Jatim Fair bisa menjadi pameran terbesar bukanlah suatu mimpi. Mantan Menteri Sosial ini menegaskan hal tersebut sangat mungkin jika Kaltim sudah jadi ibu kota. Alasannya, komunikasi antar pemerintah, dinas, UMKM hingga sponsorship sudah terjalin.

"Menurut saya sangat possible bukan mimpi untuk bisa kita wujudkan. Karena komunikasi di antara para player dengan para produsen makin bagus," ujarnya usai membuka Jatim Fair 2019 di Grand City Surabaya, Selasa (8/10).

2. Terbukti gandeng stan luar provinsi hingga luar negeri

Pemindahan Ibu Kota Dorong Jatim Fair Jadi Terbesar di Indonesia TimurIDN Times/Ardiansyah Fajar

Saat ini terdapat 540 stan berasal dari dalam dan luar negeri. Berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi, ada stan dari Kaltim, Cirebon sampai Suamtera Utara. Khofifah pun berharap nilai transaksi selama Jatim Fair digelar dapat menembus angka Rp100 miliar dengan total pengunjung mencapai lebih dari 125.000 orang.

"Setiap tahun Pemprov Jatim terus berbenah dalam penyelenggaraanya. Saya yakin gelaran Jatim Fair tahun ini akan meninggalkan kesan mendalam karena akan ada banyak kejutan selama Jatim Fair digelar," katanya.

Baca Juga: Khofifah Sambut Kepulangan Warga Jatim dari Wamena  

3. Diharapkan ciptakan pengusaha baru

Pemindahan Ibu Kota Dorong Jatim Fair Jadi Terbesar di Indonesia TimurIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini berharap Jatim Fair ini juga menjadi ajang penciptaan pengusaha atau wirausahawan baru dan pelaku UMKM Jatim masuk ke pasar yang lebih besar lagi. Jatim Fair disebut forum bisnis yang mempertemukan antara produsen dan juga pembeli.

"Maka ini akan terus kita tingkatkan yang, saya sering kali menyebut peti kemas jual, peti kemas jual," kata Khofifah.

4. Ada juga hiburan band ibu kota

Pemindahan Ibu Kota Dorong Jatim Fair Jadi Terbesar di Indonesia TimurIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Selain semarak wisata belanja, Jatim Fair juga menyuguhkan talkshow, demo produk, pesta mainan anak indoor dan outdoor, launching product, display sampling dan gebyar diskon. Berbagai produk kerajinan daerah dan pertunjukan kesenian juga turut digelar untuk semakin memeriahkan suasana. Sejumlah artis dan band nasional juga dijadwalkan tampil di acara tersebut diantaranya Tulus, Padi, Tipe-X, Naif dan Sheila On 7.

Baca Juga: Resmi Dibuka, Jatim Fair Sajikan Lebih dari 500 Stand 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya